Posted on Leave a comment

Inilah 6 Kelebihan Kain Monalisa dan Sedikit Kekurangannya

Kain monalisa terbuat dari katun microfiber menggunakan teknologi high definition printing. Motif yang ada pada kain ini sangat jelas dan tajam serta awet tidak mudah luntur. Proses pembuahan kain ini sangat modern sehingga kualitas yang dihasilkan terjamin. Hasilnya, kain dengan kerapatan benang yang sangat tinggi.

Monalisa sangat populer dikalangan pecinta fashion hijab. Bahan ini sedang tren sebagai material utama membuat gamis, dess, rok panjang, jilbab segi empat, pashmina dan jilbab syar’i. Mukena yang menjadi pakaian khusus untuk beribadah wanita muslim juga bisa dibuat dengan bahan monalisa tampilannya mewah dan nyaman.

Kelebihan Kain Monalisa

Sejak kemunculannya di dunia fashion bahan monalisa menjadi buruan para produsen pakaian hijab. Konsumen semakin tertarik dengan bahan ini karena memiliki ciri khas. Selain itu harga yang ditawarkan untuk pakaian berbahan monalisa cukup terjangkau. Adapun pakaian dengan harga mahal namun kualitasnya premium.

Selain dari sisi harga kelebihan lainnya dari monalisa adalah sifat bahannya yang nyaman dipakai. Karena terbuat dari serat kapas yang terkenal breathable, monalisa cocok digunakan untuk membuat pakaian hijab. Hijab adalah pakaian tertutup dengan memanfaatkan bahan monalisa pemakainya tidak akan merasa gerah dan panas.

Memiliki ketebalan sedang, tidak terlalu tipis. Untuk dibuat menjadi gamis atau rok tidak perlu lagi menambahkan furing di dalamnya. Bahan ini tidak akan menerawang karena kerapatan benangnya tinggi dan tebal. Lebih sesuai untuk dijadikan sebagai pakaian syar’I karena sudah memenuhi persyaratannya.

Kerapatan serat kain menjadikannya kuat dan tidak mudah rusak. Bahan ini cukup fleksibel digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Meskipun tidak melar tetapi karena kuat jadi tidak mudah sobek. Untuk pemakaian jangka panjang bahan ini cukup tahan lama, tidak akan cepat rapuh.

Bahannya tidak mudah luntur karena proses pencucian berulang kali. Pembuatannya menggunakan teknologi tinggi termasuk dalam pewarnaan. Sehingga tidak akan luntur meskipun digunakan air panas ketika mencuci. Pakaian berbahan monalisa tidak akan cepat usang meski dipakai dalam waktu bertahun-tahun.

Motifnya tegas dan tidak mudah pudar. Monalisa selain memiliki keragaman warna yang banyak juga dilengkapi dengan kain bermotif. Banyak sekali pola motif bahan monalisa yang beredar di pasaran. Motif ini awet dan tegas seperti warna dasar monalisa, tidak akan luntur maupun usang meskipun dipakai lama.

Terbuat dari katun microfiber monalisa memberi efek adem pada saat dipakai. Cocok digunakan untuk daerah tropis seperti Indonesia dimana pada siang hari intensitas cahaya matahari tinggi dan cenderung panas. Pemakaian pakaian berbahan monalisa tidak menyebabkan gerah berlebih. Solusi bagi yang memiliki aktivitas padat di siang hari.

Kekurangan Kain Monalisa

Dibalik kelebihannya setiap kain memiliki sisi yang kurang seperti halnya monalisa. Kain ini memiliki aturan perawatan khusus. Salah satunya disarankan menghindari pemakaian bleaching dan bahan kimia lainnya secara berlebihan. Penggunaan detergen yang berlebihan akan tertinggal pada kain dan menyebabkannya berbau jika tidak dibilas bersih.

Sangat disarankan mencuci menggunakan tangan dengan cara dikucek ringan. Tidak menggunakan air panas karena lebih cepat merusak serat kain. Bahan monalisa lebih tahan noda sehingga ketika terkena kotoran mudah dibersihkan. Hindari mencuci dengan mesin karena dapat mengakibatkan tersangkut dengan pakaian lain.

Monalisa termasuk bahan tidak tahan panas sehingga pada saat menyetrika gunakan suhu rendah hingga sedang. Suhu terlalu panas dapat menyebabkan kain mengkerut meskipun lebih cepat rapi. Pakaian dari kain monalisa tidak mudah kusut sehingga penyimpanan bisa dilakukan dengan melipat atau menggunakan hanger.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *