Posted on Leave a comment

Kain Maxmara Itu Seperti Apa Sih? Ini Plus Minusnya!

Sering disebut sutra satin kain maxmara memiliki karakteristik halus dan berkilau permukaannya. Kain ini semakin banyak dicari karena memiliki banyak kelebihan dari segi fisik maupun harganya yang terjangkau. Dunia fashion hijab selalu mengalami perkembangan, semakin banyak dikenal bahan baru dengan sifat unik.

Persaingan dunia mode hijab menuntut keragaman kualitas bahan untuk membuat pakaian. Mengikuti permintaan konsumen yang semakin kritis terhadap berbagai jenis kain untuk fashion hijab. Berbagai macam kualitas dan harga ditawarkan melengkapi pilihan bagi para calon konsumen. Maxmara turut hadir meramaikan persaingan kualitas bahan pembuat pakaian.

Kelebihan Kain Maxmara

Memiliki ciri yang serupa satin namun sebenarnya lebih dekat dengan kain Roberto cavali. Permukaannya yang mengkilap menjadikan maxmara tampak mewah. Tidak glossy dan tampak licin melainkan lebih mendekati doff. Sifat bahan seperti ini sangat cocok digunakan sebagai dress pesta mewah.

Memiliki variasi warna sangat beragam. Memberikan keleluasaan calon konsumen untuk memilih sesuai dengan warna favorit atau warna yang sedang hits. Warna polos menjadi daya tarik kain ini untuk dijadikan sebagai hijab. Lebih netral dan fleksibel dipadupadankan dengan pakaian atau gamis apapun.

Tipis, ringan dan sedikit licin kain ini memiliki sifat jatuh yang anggun. Tak heran jika banyak digunakan untuk dress, gamis dan rok payung. Wanita umumnya lebih menyukai pakaian yang jatuh sesuai dengan postur tubuh daripada bahan mengembang. Sebab dipandang lebih enak, tidak terlalu mencolok.

Kain yang mengkilap biasanya memberikan efek panas pada pemakainya namun tidak dengan maxmara. Kain ini lebih friendly untuk pemakaian di daerah tropis seperti Indonesia. Tidak menyebabkan gerah dan memerangkap kelembaban di kulit. Nyaman digunakan baik siang hari maupun malam hari.

Karakteristik kain yang lembut dan adem adalah kelebihan maxmara selanjutnya. Banyak kain memiliki karakteristik semacam ini. Kenyamanannya tidak perlu diragukan lagi. Untuk pakaian anak-anak, dewasa hingga manula sangat cocok. Tidak menimbulkan iritasi di kulit karena gesekan dengan permukaannya dalam intensitas tinggi.

Kemewahan yang ditawarkan oleh bahan maxmara tidak menyebabkannya harus membayar mahal. Maxmara termasuk bahan yang terjangkau bagi semua kalangan. Dijual dalam bentuk roll atau gulungan, konsumen bisa membeli dengan harga mulai dari Rp40.000/meter. Sangat terjangkau bagi para produsen baju dan hijab.

Kekurangan Kain Maxmara

Terkenal bersifat licin kain ini cukup sulit dibentuk. Bagi penjahit pemula pasti akan mengalami kesulitan karena bahannya mudah berubah-ubah. Jika tidak terbiasa dengan karakter kain semacam ini dapat menyebabkan kesalahan pemotongan dan penjahitannya. Namun tidak perlu khawatir, dengan bantuan furing bahan ini akan mudah dijahit.

Kekurangan lainnya adalah dalam proses perawatannya. Untuk mencuci pakaian maupun hijab berbahan maxmara sebaiknya dilakukan secara manual. Serat kainnya bisa cepat rusak jika dicuci menggunakan mesin. Apalagi jika pencucian bersama bahan lain, bisa menyebabkan kain molor dan tersangkut.

Pencucian sebaiknya menggunakan tangan dengan cara dikucek ringan. pada dasarnya bahan maxmara tahan noda sehingga cukup dikucek sudah bisa bersih. Tidak perlu menggosok menggunakan sikat cuci. Jika noda membandel gunakan deterjen untuk merendam selama beberapa menit dan air hangat.

Pengeringan bisa menggunakan spinner namun tidak perlu lama-lama setelahnya bisa dijemur dengan cara dianginkan. Proses penyetrikaan harus menggunakan suhu sedang atau rendah supaya tidak merusak serat kain. Suhu setrika yang terlampau panas rentan menyebabkan serat berkerut. Selanjutnya kain maxmara bisa disimpan dengan dilipat atau di hanger.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *