Posted on Leave a comment

Kelebihan Kain Bahan Cover Kursi Hotel (Spandek Lycra Bright)

Kain bahan cover kursi hotel (spandek lycra bright) bisa juga digunakan untuk keperluan lain. Banyak yang beranggapan bahwa bahan spandek dan lycra adalah 2 jenis berbeda. Namun sebenarnya keduanya sama. Lycra adalah nama lain dari bahan spandek. Lycra merupakan merk dari bahan spandek.

Karakteristiknya cukup unik, mudah melar layaknya karet. Maka sering digunakan sebagai cover kursi, meja bahkan backdrop. Bahan ini bisa ditarik hingga 5x bahkan 8x dari ukuran normal. Tak jarang lebih banyak digunakan untuk keperluan dekorasi daripada pakaian ataupun asesoris.

Spandek terbuat dari polyurethane yang merupakan material karet. Jadi tak heran jika bahan ini sangat elastis. Bahan ini tidak memiliki serat seperti bahan lainnya. Berbeda dengan bahan katun atau bahan sintetis seperti wolfis yang mudah rusak jika tepiannya tidak dijahit.

Kelebihan Kain Bahan Cover Kursi Hotel (Spandek Lycra Bright)

Karena tidak memiliki serat bahan maka spandek lycra tidak membutuhkan jahitan pada tepian kain. Untuk keperluan apapun, bahan ini tidak akan rusak karena serat lepas dari anyamannya. Bisa dimanfaatkan untuk pakaian, kerudung, asesoris ataupun kebutuhan dekorasi seperti cover kursi hotel maupun pesta.

Bahannya sangat lentur seperti karet sehingga bisa melar maksimal. Karena kelenturannya bahan ini cukup awet. Tidak mudah sobek atau berlubang tak heran penggunaannya sangat beragam. Lebih fleksibel untuk kebutuhan apa saja baik indoor ataupun outdoor.

Kuat dan tidak modeh sobek. Untuk proses pencucian lebih aman. Baik menggunakan mesin atau dengan cara manual, bahan spandek lycra tidak akan mudah melar, sobek atau rusak. Perawatannya sangat mudah dan tidak sensitive terhadap penggunaan bahan kimia seperti detergen maupun pemutih.

Tipis namun tidak menerawang. Maka sring digunakan untuk backdrop maupun partisi ruangan. Bahan seperti ini sebenarnya cocok digunakan untuk pakaian atau dress. Tipis pastinya ringan sehingga gerakan pemakainya tetap fleksibel. Tidak menerawang sehingga dalam penggunaannya tidak memerlukan inner atau puring.

Baca Juga: Seperti Inilah Karakteristik, Jenis, Dan Cara Merawat Kain Hyget

Kekurangan Kain Spandek Lycra

Kekurangan kain spandek lycra diantaranya kurang menyerap keringat. Karena terbuat dari serat sintetis yang tidak menggunakan campuran katun di dalamnya. Bahan ini jika digunakan untuk pakaian, dress atau kerudung kurang nyaman karena akan terasa gerah. Jadi harus pintar-pintar memilih suasana ketika akan menggunakannya.

Tidak senyaman bahan katun. Bahan katun terasa adem dan lembut ketika dipakai. Tetapi spandek lycra menyebabkan efek panas. Meskipun terasa halus ketika permukaannya diraba menggunakan tangan tetapi tidak mendukung jalannya sirkulasi udara. Penggunanya akan cepat merasa gerah dan lembab dalam waktu yang lama.

Sensitive terhadap panas. Bahan spandek lycra dalam perawatannya membutuhkan penyetrikaan supaya tidak kusut. Tetapi harus diperhatikan tingkat suhu ketika menyetrika sebab bahan ini mudah terbakar. Sebaiknya menggunakan lapisan bahan lain di atas bahan ketika menyetrika.

Karena sifatnya yang elastis bahan ini menempel dan membentuk lekuk tubuh jika digunakan untuk pakaian. Bagi sebagian orang jenis bahan seperti ini kurang diminati karena tidak percaya diri menggunakan pakaian ketat. Maka lebih banyak digunakan untuk kebutuhan yang tidak berhubungan dengan fashion.

Kegunaan Kain Spandek Lycra

Kain bahan cover kursi hotel (spandek lycra bright) lebih banyak digunakan untuk kebutuhan dekorasi. Untuk menutup kursi atau meja tidak mudah sobek karena mampu melar maksimal. Mudah dibongkar pasang tanpa takut sobek atau cepat melar.

Permukaan bahannya mengkilap, tampak elegan digunakan sebagai dekorasi ruangan acara formal. Untuk backdrop, partisi, gorder, cover meja, cover kursi terkesan eksklusif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *