Posted on Leave a comment

Seperti Inilah Karakteristik, Jenis, Dan Cara Merawat Kain Hyget

Kain Hyget

Kain hyget merupakan jenis bahan kaos yang berasal dari cotton dan polyester. Bila dilihat dari segi ketebalannya, hyget itu tidak begitu tebal. Umumnya bahan ini jauh lebih tipis daripada bahan kaos pada umumnya. Selain itu dari segi harga, jenis kain ini juga lebih murah daripada bahan kaos yang lain seperti carded, combed, dan PE.

Melihat hal tersebut, harga yang lebih murah ini menjadi daya Tarik tersendiri bagi sebagian besar orang. Itulah sebabnya bahan hyget sering dimanfaatkan untuk pembuatan kaos yang budgetnya terbatas. Namun meskipun begitu, variasinya sekarang semakin beraneka ragam.

Ada yang dibuat secara khusus dengan kualitas bagus dan mampu memberikan kenyamanan lebih pada penggunanya daripada bahan hyget pada umumnya. Ada juga yang dibuat secara khusus menyesuaikan budget penggunanya. Sehingga dari segi kenyamanan masih cukup standard.

Karakteristik Kain Hyget

Karena terbuat dari kombinasi kain cotton dan polyester, sehingga daya serap hyget terbilang kurang bagus. Selain itu, kualitas polyester yang digunakannya juga masih umum (biasa). Sehingga biasanya mereka yang menggunakan pakaian dari hyget akan merasa lebih gerah saat cuacanya sedang terik.

Namun meskipun begitu, kain ini tetap memiliki daya tarik tersendiri jika dilihat dari segi harga dan tekstur permukaan kainnya. Dari segi harga, kain ini sangat murah dan permukaan kainnya mengkilap. Dengan begitu, pakaian yang dibuat dari hyget umumnya tidak mudah kusut dan perawatannya mudah. Karena tidak perlu disetrika lagi.

Macam-Macam Kain Hyget

Hyget terdiri atas beberapa macam varian. Maka dari itu bila Anda ingin menggunakan bahan ini, sebaiknya pahami dulu jenisnya. Sehingga Anda tahu jenis hyget yang seperti apakah yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah macam-macam dari bahan hyget, antara lain:

  1. Hyget biasa. Jenis kain ini terbagi menjadi 2 macam pilihan. Yaitu tipis dan biasa. Untuk harganya sendiri jauh lebih terjangkau daripada jenis hyget pada umumnya. Biasanya bahan ini sering dimanfaatkan untuk pembuatan kaos event dan kebutuhan pemilu yang membutuhkan kaos dengan dana terbatas.
  2. Hyget Super. Ini adalah jenis hyget yang berada di kelas premium. Karena tekstur kainnya lebih tebal dan rapat. Sehingga sering dimanfaatkan untuk pembuatan jilbab instan.
  3. Hyget Balon. Jenis kain yang satu ini terlihat mirip seperti spandek balon dan spandek sutra. Bahan ini juga berasal dari campuran spandek sehingga karakteristiknya sangat elastis, meskipun masih kalah dari spandek. Kelebihan dari bahan ini adalah bisa digunakan untuk pembuatan jilbab.
  4. Hyget Serena. Karakteristik bahan ini adalah teksturnya padat dan lentur. Kelebihannya adalah bisa menyerap keringat dengan baik daripada jenis hyget yang lainnya. Biasanya bahan ini digunakan untuk pembuatan seragam olahraga.

Cara Merawat Kain Hyget

Umumnya jilbab, kaos, dan pakaian yang berasal dari hyget memang tidak bisa bertahan lama. Karena bahan dasarnya hanya terbuat dari plastik tipis saja. Maka dari itu supaya lebih awet dan tahan lama, sebaiknya cucilah menggunakan detergen secukupnya saja. Itupun jangan direndam. Sedangkan cara pengeringannya hanya perlu diangin-anginkan dalam rumah saja.

Jangan menjemurnya langsung di bawah terik matahari bila ingin kainnya awet. Dengan memahami sedikit penjelasan tentang bagaimana cara merawat hyget dan mengenal jenisnya, tentunya ini membuat Anda lebih mudah memahami seperti apakah karakteristiknya. Sehingga Anda bisa membuat busana dari kain hyget yang sesuai kebutuhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *