Posted on Leave a comment

Alasan Kain Voal Bahan Kerudung Segi Empat Banyak Diminati

Kain voal bahan kerudung segi empat sedang hits di pasaran. Bahan ini sering dijumpai melalui toko online dan marketplace. Di kalangan anak muda dan hijaber bahan voal paling dicari saat ini. Sebenarnya tidak hanya bahan voal yang cantik digunakan sebagai kerudung tetapi banyak bahan lainnya.

Bahan katun dan satin lebih dulu terkenal digunakan sebagai kerudung. Bahan satin menampilkan sisi elegan. Tidak hanya digunakan untuk kerudung segi empat tetapi satin juga dimanfaatkan sebagai selendang dan kerudung persegi panjang. Kehadiran bahan voal sebagai kerudung mulai terkenal sejak digunakan oleh beberapa selebgram.

Voal atau voile sendiri dalam bahasa perancis berarti jilbab. Artinya bahan ini memang diperuntukkan bagi pengguna hijab. Masyarakat lebih mengenal voal sebagai bahan atau kerudung paris namun versi premium. Bahan voal lebih kaku jika dibandingkan paris. Terbuat dari 100% katun tipis berkualitas.

Ciri-Ciri Kain Voal Bahan Kerudung Segi Empat

Saat digunakan kerudung voal akan terasa bahan kapasnya, minim bahan kimiawi. Karena terbuat dari 100% katun. Namun ada beberapa yang dibuat dengan campuran polyester, linen, silk dan rayon. Permukaannya cukup halus ketika diraba dan tidak berserabut.

Ringan, namun tidak seperti paris atau ceruty yang sangat mudah terbawa angina. Lebih kaku dibanding bahan paris dan ceruty. Bahan yang ringan ini menjadi pilihan tepat untuk digunakan sebagai kerudung. Namun masih jarang digunakan untuk dress atau pakaian.

Benang-benang yang menyusun kain voal cukup renggang. Hal ini menyebabkan sirkulasi udara menjadi lebih lancar ketika digunakan untuk kerudung. Meskipun dibuat renggang namun tidak menerawang ketika digunakan. Sehingga tidak menampakkan rambut pemakainya. Apalagi untuk kerudung bermotif.

Halus namun tidak mengkilap layaknya satin. Sama-sama tampil elegan namun kerudung voal tidak tampak mengkilap. Tidak sehalus satin namun kerudung voal tetap nyaman digunakan. Cocok untuk aktifitas sehari-hari namun bisa juga untuk acara formal dengan paduan dress atau baju yang sesuai.

Kelebihan Kain Voal Bahan Kerudung Segi Empat

Kelebihan utama bahan voal adalah tidak mudah berantakan ketika dikenakan. Berbeda dengan kerudung dari bahan ceruty atau paris yang sering berantakan ketika digunakan dalam waktu lama. Bahannya lebih kaku sehingga bisa tegak pada bagian atasnya. Mudah digunakan dan tidak membutuhkan waktu lama untuk merapikan.

Mudah menyerap keringat sehingga tidak enimbulkan bau di kepala dan rambut. Bahannya terbuat dari katun yang memiliki pori sehingga memperlancar sirkulasi udara. Penggunaannya sesuai untuk aktifitas di siang hari. Baik kegiatan indoor maupun outdoor. Mengurangi kelembaban pada kepala meskipun tertutup dalam waktu lama.

Memiliki motif banyak dengan kombinasi warna beragam. Jilbab bermotif masih diminati oleh konsumen. Umumnya motif yang ditampilkan dalam jilbab seragam, satu jilbab satu motif. Namun jilbab voal menampilkan motif beragam dalam satu jilbab. Sehingga lebih atraktif namun tetap menarik dan tidak norak.

Baca Juga: Seperti Inilah Karakteristik, Jenis, Dan Cara Merawat Kain Hyget

Harga Kain Voal

Kerudung dari bahan voal cukup diminati selain dari motif dan sifat bahannya juga dari segi harga. Kerudung voal premium yang memiliki brand tertentu dijual dengan harga Rp 100.000-Rp 300.000. Sedangkan untuk kerudung lokal biasa dijual dengan harga lebih terjangkau yaitu Rp 25.000-Rp 35.000.

Meskipun dijual dengan harga berbeda namun keduanya tetap menampilkan sisi elegan pemakainya. Tampil anggun untuk acara formal namun bisa terkesan santai untuk aktifitas sehari-hari. Kain voal bahan kerudung segi empat sangat berbeda dengan jenis kerudung dari bahan lainnya yang penggunaannya harus disesuaikan dengan aktifitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *