Posted on Leave a comment

Kain Ceruty Diamond Stretch, Kelebihan dan Kekurangannya

Kain ceruty diamond stretch merupakan salah satu jenis kain ceruty. Kain seperti ini banyak digunakan untuk dress, gamis dan kerudung. Kain ceruty lebih banyak digunakan untuck fashion wanita. Lebih beragam variasinya dan mudah dipadupadankan dengan berbagai aplikasi seperti kain batik, katun dan sebagainya.

Perkembangan dunia fashion terutama pakaian muslim dan asesorisnya turut berperan dalam peningkatan permintaan berbagai jenis kain. Gamis atau dress semakin variatif dengan kemunculan berbagai bahan baru. Masyarakat juga semakin terbuka dengan perkembangan dan semakin tahu perbedaan masing-masing kain.

Kuntungan mengetahui karakteristik masing-masing kain pembuat pakaian adalah bisa menentukan sendiri mana yang paling sesuai. Masing-masing orang memiliki selera yang berbeda. Karakteristik bahan pakaian yang dikenakan menentukan look seseorang apakah sporty, feminine atau elegan. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Kain Ceruty Diamond Stretch

Tampilan elegan adalah kelebihan yang pertama menarik perhatian konsumen. Kain ini sering digunakan untuk dress bahkan dimanfaatkan sebagai aplikasi gaun pernikahan. Tampilannya ketika dikenakan jatuh, sehingga menonjolkan sisi feminin dan elegan pemakainya. Kain ini bisa juga digunakan untuk kerudung dan asesoris gaun pengantin.

Kelebihan lainnya, bahan ini termasuk semi premium. Kualitas tinggi namun harganya terjangkau. Tersedia dalam berbagai kategori dengan kualitas berbeda namun harganya masih relative terjangkau. Sehingga barang jadi seperti pakaian atau kerudung yang dibuat dengan bahan ini dibandrol dengan harga terjangkau.

Banyak digunakan oleh brand ternama. Namun banyak juga yang menjual barang jadi melalui online shop atau butik. Kesannya tetap elegan dan mahal namun sebenarnya cukupp terjangkau. Tidak sulit menemukan pakaian atau dress berbahan ceruty diamons stretch ini.

Permukaanya tidak terlalu halus dan cenderung bertekstur namun tipis sehingga ringan dan mudah kering ketika dicuci. Bahkan bisa kering dengan cepat hanya dengan diangin-anginkan. Bisa dicuci dengan mudah menggunakan tangan. Tidak mudah rusak maupun melar meskipun setelah berkali-kali melewati proses cuci jemur.

Bahannya tipis dan melayang namun kuat. Tidak mudah sobek sehingga awet digunakan untuk kerudung yang memerlukan tusukan jarum atau pin. Sifat bahan yang ringan melayang ini sangat cocok digunakan untuk dress pesta. Gerakan tetap fleksibel karena tidak menahan beban dari berat pakaian yang dikenakan.

Bahan mudah kering dan tidak menahan lembab. Tidak panas ketika dikenakan karena permukaannya tidak terlalu rapat dan tetap berpori. Sirkulasi udara tetap lancar sehingga nyaman digunakan untuk acara formal dengan waktu lama bahkan di siang hari.

Baca Juga: Seperti Inilah Karakteristik, Jenis, Dan Cara Merawat Kain Hyget

Kekurangan Kain Ceruty Diamond Stretch

Sifat ringan kain ini kadang menjadi kekurangan. Bahannya sangat mudah terbawa angina sehingga digunakan untuk aktifitas outdoor kurang aman terlebih pada saat hembusan angina kencang. Tidak mudah diatur sehingga harus pintar-pintar memilih moment yang pas ketika akan menggunakannya.

Perlu berhati-hati ketika menyetrika. Bahan ini tipis dan mudah kusut. Menyetrika dengan suhu panas dapat menyebabkan bahan mengkerut dan rusak. Jadi atur suhu sedang supaya bahan cepat rapi namun tidak mengkerut. Bahan ini tidak tahan panas sehingga tidak perlu menyetrika dalam waktu lama dan berulang.

Sifatnya yang tipis tidak bisa dijadikan baju atau dress secara mandiri. Perlu penambahan bahan lain sehingga tidak menerawang dan lebih kuat. Minimal menggunakan inner kemudian bahan ceruty diaplikasikan pada bagian luar. Bahan juga mudah basah jadi lebih cocok untuk bagian luar dress atau baju.

Perawatannya cukup sulit. Pencucian tidak disarankan menggunakan mesin karena dapat membuatnya sobek. Proses penyimpanan juga sebaiknya dengan cara digantung. Sebab jika dilipat kain ceruty diamond stretch ini mudah kusut, atau berlipat sehingga ketika akan dipakai perlu disetrika terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *