Posted on Leave a comment

Mengapa Kain Babyteri Banyak Dicari? Ini Kelebihannya!

Membeli pakaian secara online tentu tidak asing lagi dengan jenis kain babyteri. Banyak penjual online shop menulis deskripsi produk dengan bahan babyteri. Tidak banyak yang memahami karakteritik bahan ini. Namun paling menonjol dari kain ini adalah sering digunakan untuk produk jaket, sweater, hoodie dan sejenisnya.

Pada awal kemunculannya kain ini sebenarnya digunakan untuk handuk. Karena serat kain yang cukup tebal dan memiliki efek hangat serta menyerap air atau kelembaban berlebih. Namun penggunaannya lebih banyak untuk handuk bayi atau balita. Kulit bayi dan balita sensitif sehingga memerlukan bahan halus.

Karena kenyamanannya dan terbukti aman bagi kulit sensitive maka penggunaannya dikembangkan untuk orang dewasa. Bukan hanya handuk tetapi dibuat menjadi berbagai jenis lap dan keset. Bahkan kain ini juga dibuat menjadi pakaian. Kualitas dan ketebalan kain untuk lap berbeda dengan pakaian.

Kelebihan Kain Babyteri

Dilihat dari karakteristiknya bahan babyteri memiliki tekstur yang lembut, halus dan tidak berbulu. Digunakan untuk daerah tropis seperti Indonesia sangat cocok. Tidak menimbulkan efek gerah meskipun sifat bahannya menghangatkan sehingga bisa digunakan untuk aktifitas sehari-hari.

Bahannya cukup ringan sehingga nyaman dikenakan. Memiliki daya serap air atau keringat sangat baik. Beberapa produsen membuat bahan dari 100% kapas, namun ada juga yang membuat 80% kapas 20% polyester. Tetapi keduanya sama-sama memiliki daya serap terhadap kelembaban.

Sisi dalam kain lembut seperti selimut. Rajutan di bagian dalamnya membentuk pola loop atau bulatan kecil. Terdapat berbagai macam ketebalan. Kain yang tebal bisa difungsikan untuk selimut bayi maupun dewasa, jaket, sweater dan sebagainya sebagai penghangat tubuh. Kain yang lebih tipis bisa digunakan untuk pakaian.

Warnanya sangat bervariasi. Pemanfaatannya sangat fleksibel untuk berbagai keperluan. Untuk pakaian hangat anak-anak tersedia dalam berbagai pilihan warna cerah yang ceria. Warna kalem dan gelap bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis pakaian orang dewasa. Bahan ini juga nyaman digunakan sebagai gamis.

Baca Juga: Seperti Inilah Karakteristik, Jenis, Dan Cara Merawat Kain Hyget

Penggunaan Kain Babyteri

Babyteri bisa dibuat menjadi berbagai macam pakaian mulai dari penghangat seperti jaket, sweater, hoodie, blazer dan jumpsuit. Dalam trend mode saat ini terutama di kalangan anak muda. Penggunaan jaket bukan hanya sebagai penghangat namun lebih untuk keperluan mode. Sebagai pelengkap fashion dipadukan dengan inner.

Sebagai outer seperti cardigan atau bolero. Memiliki efek menghangatkan namun tidak membuat gerah, bahan ini bisa digunakan untuk acara resmi dan semi-resmi. Tidak hanya terbatas digunakan pada saat musim dingin. Outer berbahan babyteri bisa digunakan di setiap kesempatan.

Bahan babyteri juga sering digunakan untuk membuat gamis. Meskipun bentuknya dress panjang tetapi tidak membuat pemakainya merasa gerah. Gamis dengan bahan babyteri cukup nyaman karena ringan, lembut, dan jatuh. Untuk gamis digunakan bahan babyteri yang lebih tipis dan mudah menyerap keringat.

Perawatan Bahan

Bahan babyteri menjadi favorit konsumen terutama kalangan wanita selain penggunaannya fleksibel juga mudah dalam perawatan. Bisa dicuci menggunakan mesin maupun manual. Tidak mudah rusak karena penggunaan detergen, namun tetap harus dibatasi waktu perendaman ketika mencuci terlebih jika menggunakan air hangat agar serat kain tetap lembut.

Usahakan untuk tidak menggunakan sikat cuci. Menyikat bahan bisa menyebabkan serat menjadi kasar dan berserabut, sehingga tampak berbulu. Untuk menghilangkan kotoran membandel bisa menggunakan detergen khusus kemudian mengucek sebentar. Menjemur tidak tepat dibawah sinar matahari terlalu lama agar warna tidak cepat pudar.

Bahan babyteri akan tampak kusut setelah proses cuci jemur. Namun mudah kembali rapi dan halus dengan penyetrikaan dengan suhu sedang. Jadi tidak perlu mengatur suhu panas. Kain babyteri lebih banyak tersedia dalam warna polos tidak bermotif jadi proses setrikanya lebih mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *