Posted on Leave a comment

Ciri-Ciri, Jenis, dan Kelebihan Kain Dryfit untuk Seragam Olahraga

Kain DryFit

Bagi mereka yang aktif melakukan olahraga racing atau trail, tentunya tidak asing dengan kain dryfit. Karena bahan ini nyaman dipakai untuk pembuatan kaos olahraga supaya penggunanya bisa berkonsentrasi dengan penuh. Pasalnya ketika mengendarai motor racing dan trail, Anda harus melakukan konsentrasi penuh supaya terhindar dari bahaya.

Dalam hal ini, pakaian sangat mempengaruhi konsentrasi Anda. Maka dari itu butuh kain yang sejuk untuk olahraga supaya bisa menyerap keringat dengan baik dan mampu memberikan rasa kering ketika sedang berkeringat. Kain itu bernama dryfit. Sesuai namanya, kain ini cocok untuk olahraga. Berikut ini penjelasan tentang kain ini, antara lain:

Ciri-Ciri Kain Dryfit

Bahan kain ini sangat lembut namun juga cepat kering. Karena terbuat dari campuran antara nilon, polyester, dan spandex. Itulah sebabnya sifatnya terlihat lentur dan padat. Banyak merk terkenal memilih kain ini karena mampu memberikan kenyamanan lebih penggunanya. Brand itu adalah Appareal Nike dan Adidas.

Hanya saja Adidas memanfaatkan ClimaCool yang katanya bisa membuat suhu tubuh lebih efektif saat berolahraga. Padahal baik Dri Fit dan ClimaCool sebenarnya sistemnya sama. Yaitu sama-sama mampu menjaga suhu tubuh penggunanya. Itulah sebabnya keduanya bisa menyerap keringat dengan baik, menghilangkan kelembaban tubuh, dan menghantarkan panas supaya dapat keluar dari tubuh.

Baca Juga: Kenali 7 Jenis Kain Fleece Berikut Ini sebelum Menggunakannya

Macam-Macam Kain Dryfit

Bahan kain ini diibaratkan layaknya jendela rumah. Kelebihannya mampu mengatur sirkulasi udara yang tidak dapat digantikan dengan bahan lainnya. Berikut ini adalah macam-macam dari kain dri fit yang bisa dipilih untuk pembuatan baju olahraga, antara lain:

  1. Dryfit Mtiis. Ini adalah jenis kain Dri Fit yang terbaik karena memiliki pori-pori berbentuk zig zag dan karakternya halus. Disamping itu, bahan ini juga sangat ringan, lembut, dan mudah menyerap keringat dengan baik.
  2. Dryfit Nike. Ini adalah jenis kain Dri Fit yang pori-porinya layaknya lubang jarum. Jenis Dri Fit ini cukup populer dijadikan sebagai bahan untuk pembuatan jersey sepeda, bola, dan pakaian olahraga yang lainnya.
  3. Drufit Polymesh. Bahan ini disebut juga dengan Dri Fit Wafel karena teksturnya seperti kue waffle dan elastis. Disamping itu, sifat kainnya juga sejuk sehingga sering digunakan untuk pembuatan kostum olahraga sepak bola, basket, dan sepeda.
  4. DryFit MU. Jenis kain ini memiliki motif seperti sisik ikan. Kain jenis ini disebut juga dengan Dri Fit Grade Ori karena sangat adem dan ringan sehingga sering digunakan untuk pembuatan jersey sepak bola.
  5. Dryfit Ferrari. Pori-pori kain ini cukup rapat namun karakternya lembut dan ringan. Bahan ini cocok sekali untuk pembuatan jersey trail cross. Karena daya serap dan stretchnya sangat tinggi.
  6. Dryfit Sulkul. Bahan ini disebut juga dengan Dryfit bobbin karena teksturnya lembut dan sejuk. Jadi pas untuk pembuatan jersey olahraga.
  7. Dryfit Jala Erbin. Bahan kain ini pori-porinya terlihat seperti lubang jarum. Teksturnya lembut jadi pas untuk pembuatan pakaian olahraga outdoor.
  8. Dll.

Kelebihan Kain Dryfit

Yang pasti dryfit merupakan bahan jersey olahraga yang terbaik. Karena kain ini mempunyai beberapa keunggulan yang tidak dimiliki bahan pada umumnya. Salah satunya adalah terasa sejuk dan cepat kering. Selain itu, bahan kain ini juga ringan dan pencuciannya mudah. Dengan menggunakannya akan membuat bau badan tetap terjaga selama berolahraga karena bersifat anti bakteri. Itulah sebabnya suhu tubuh pengguna akan selalu terkontrol saat menggunakannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *