Posted on Leave a comment

Mengenal Plus Minus Kain Lotto dan Jenisnya Lebih Jauh

Kain Lotto

Kain lotto merupakan jenis bahan kaos yang sering dimanfaatkan untuk pembuatan pakaian olahraga. Disamping itu, bahan ini juga kerap dimanfaatkan untuk pembuatan bahan dasar jaket, sweater, dan training. Tidak hanya itu saja, banyak orang juga memanfaatkannya sebagai bahan pembuatan pakaian jersey.

Fungsinya yang banyak itu dikarenakan kain ini teksturnya lembut, halus, dan elastis. Sehingga bahan ini sangat nyaman dipakai untuk melakukan kegiatan olahraga dan aktivitas yang lainnya. Bila ditinjau lebih jauh, sebenarnya Lotto hampir mirip seperti jenis kain dari brand terkenal layaknya diadora dan adidas yang secara khusus dibuat untuk pembuatan bahan pakaian olahraga.

Macam-Macam Kain Lotto

Lotto terdiri atas 2 macam varian. Yaitu kain biasa dan super. Jenis lotto yang super umumnya teksturnya lebih tebal. Sehingga bahan ini sering dimanfaatkan untuk pembuatan celana training dan sweater. Umumnya kain ini juga sedikit mengkilat sehingga sering dimanfaatkan untuk pembuatan celana badminton dan jaket sporty.

Itu karena teksturnya cenderung tipis tapi ada efek kilauan yang dihasilkannya. Sementara untuk pembuatan kaos olahraga biasanya memang sengaja dibuat lebih tipis daripada celananya supaya nyaman dipakai dan tidak membuat penggunanya menjadi gerah. Tentunya dengan ciri khas yang lembut, halus, dan tidak kaku, hal ini membuat siapapun merasa nyaman saat memakainya.

Itulah sebabnya bahan ini sering dimanfaatkan untuk pembuatan seragam olahraga sepak bola, komunitas olahraga lainnya, dan seragam olahraga sekolah. Untuk teksturnya cukup ringan sehingga lebih populer dijadikan sebagai bahan pembuatan pakaian olahraga berkualitas.

Baca Juga: Kenali 7 Jenis Kain Fleece Berikut Ini sebelum Menggunakannya

Kelebihan Kain Lotto

Lotto mempunyai banyak kelebihan sama seperti bahan kain pada umumnya. Karena pada dasarnya Lotto termasuk jenis kain yang berkualitas tinggi. Di bawah ini adalah kelebihan dari bahan Lotto untuk pembuatan pakaian, antara lain:

  1. Kain ini memiliki tekstur bahan yang lembut dan halus. Itu karena seratnya sangat kencang sehingga membuat tekstur kainnya lebih lembut dan halus. Jenis kain ini bisa memberikan sensasi rasa dingin kepada penggunanya saat tubuhnya sedang berkeringat. Itulah sebabnya kain ini cocok sekali untuk pembuatan pakaian olahraga.
  2. Berat kain ini sangat ringan karena berasal dari serat sintetik dan campuran serat katun. Sehingga ketebalannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Meskipun hasil tenunannya umumnya tidak sama ketebalannya, namun beratnya tetap ringan. Itulah sebabnya kain ini nyaman dipakai untuk olahraga karena bisa membuat penggunanya lebih bebas bergerak.
  3. Bahan kain ini sangat elastis karena ada kandungan serat sintetik didalamnya. Kandungan seratnya ini berasal dari spandek atau polyester, sehingga tingkat kelenturannya bisa diatur sesuai kebutuhan penggunanya.
  4. Bahan ini juga mudah dikeringkan. Jadi untuk proses penjemurannya sangat mudah. Bisa dilakukan dengan cara diangin-anginkan saja untuk membuat kualitas kain dan warnanya tetap awet dan tahan lama.

Kekurangan Kain Lotto

Namun meskipun begitu, kain ini ternyata memiliki sedikit kelemahan. Yaitu kurang cocok dipakai untuk suhu yang ekstrim. Sehingga lotto tidak bisa memberikan rasa hangat ketika dipakai pada kondisi (cuaca) yang dingin. Karena bahannya memang kurang tebal. Selain itu perawatannya harus berhati-hati.

Itu karena kandungan kimia detergen dapat merusak serat kainnya. Maka dari itu Anda harus menjaganya dengan baik bila ingin pakaiannya awet. Namun meskipun begitu, bila Anda mencari bahan kain terbaik untuk pembuatan pakaian olahraga, maka kain lotto adalah solusinya karena karakteristiknya sangat mendukung kegiatan olahraga apapun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *