Posted on Leave a comment

2 Negara Penghasil Kain Tile Paling Terkenal

Zaman dahulu kala, kain tile selalu diidentikkan dengan bahan yang sangat mahal. Karena proses pembuatannya berasal dari sutra. Namun dengan seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi, hal ini membuat bahan pembuatan tile yang terbuat dari sutra digantikan dengan bahan baku lainnya yang lebih murah harganya.

Sehingga hal ini membuat kain ini tidak hanya menyasar untuk kalangan papan atas saja. Namun juga mulai digunakan oleh mereka yang berasal dari kalangan menengah ke bawah. Sementara itu, untuk negara penghasil utama bahan tile ini adalah Perancis, Italia, Inggris, dan China. Akan tetapi kali ini kami hanya menjelaskan 2 negara penghasil tile yang paling populer di Perancis dan Inggris.

#1 Perancis

Perancis adalah pusatnya fashion mode yang terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Sehingga perkembangan mode di Perancis sudah sangat terkenal sejak 2 abad silam. Itulah sebabnya jenis tile yang dijual di negara ini ada banyak variannya. Mengingat Perancis adalah pusatnya masalah fashion mode.

Bahkan beberapa jenis tile disini juga sudah mengalami banyak modifikasi. Sehingga penggunaannya untuk desain baju semakin terlihat modis dan menarik. Hanya saja bila ditanya dari segi harga, sudah pasti sangat mahal jika dikurskan menggunakan mata uang rupiah.

Umumnya kain tile yang memiliki jaring-jaring dengan bentuk umum di Perancis itu harganya sekitar 130 USD. Sehingga bila dikurskan ke dalam rupiah, nilainya bisa melebihi dari 1 jutaan rupiah. Itupun harga untuk satuan meter saja.

Harga yang terbilang sangat mahal tersebut dikarenakan bahan tile yang berasal dari Perancis biasanya terbuat dari sutra. Sehingga tak heran bila harganya sangat mahal. Sementara untuk tile yang sudah dimodifikasi menggunakan aksen tambahan, harganya bisa semakin tinggi.

Biasanya kain modifikasi tile bisa dijual antara 136.50 USD hingga 341.25 USD. Yang pasti Perancis sering melakukan impor ke negara Amerika. Sedangkan salah satu perusahaan pembuatan tile yang terkenal di Perancis adalah Dentelle De Calais. Perusahaan ini sudah ada sejak tahun 1809 dan memang sudah ahli dalam membuat berbagai macam kain mahal untuk kaum elit.

#2 Inggris

Selain Perancis, negara Inggris juga membuat tile dari berbagai macam variasi. Umumnya tile yang berasal dari Inggris ada motif atau aksen tambahannya. Salah satunya seperti jaring-jaring laba-laba. Selain itu ada pula yang dibuat berbentuk bunga. Selain kaya dengan modifikasi aksen, industri fashion di negara ini biasa melakukan modifikasi pada tampilan dan teksturnya.

Ada beberapa tile yang dihiasi dengan manik-manis sehingga tampilannya terlihat lebih elegan. Disamping itu, ada pula yang dihiasi oleh pita dan glitter. Jadi jenis bahan tile yang dibuat dari negara Inggris itu jelas berbeda dengan Perancis. Namun bila dihitung dari segi harga, baik Inggris dan Perancis, keduanya sama-sama menjual tile dengan harga yang sangat mahal.

Semakin rumit pembuatannya, harganya semakin mahal. Jadi jangan heran bila harga per meternya bisa sampai 400 ribuan rupiah. Sayangnya tile yang terbuat dari Inggris tidak cukup mudah ditemukan di Indonesia. Itu karena harganya masih terbilang sangat tinggi. 

Sehingga jenis kain ini lebih cocok digunakan untuk pembuatan gaun pernikahan atau acara formal yang lain. Dimana di acara formal tersebut umumnya semuanya serba mahal. Sehingga beberapa orang sering memilih kain tile dari Inggris untuk acara formal saja seperti pada momen pernikahan atau pesta lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *