Posted on Leave a comment

6 Pilihan Kain Brokat yang Bisa Ditemukan Di Indonesia

Kain brokat yang beredar di pasaran dalam negeri sangat beragam. Mulai dari brokat impor dengan kualitas terjamin dan harganya tinggi hingga brokat lokal yang lebih ekonomis. Namun pada dasarnya brokat tetap merupakan kain yang spesial. Penggunaannya khusus untuk acara formal seperti pesta dan wisuda.

Keragaman ini sesuai dengan trend permintaan masyarakat sebagai konsumen. Variasi kualitas dan harga disediakan untuk mempermudah calon konsumen menentukan budget. Untuk acara pribadi seperti wisuda, pertunangan atau pernikahan tersedia kualitas impor. Untuk seragaman kantor atau keluarga tersedia alternative yang lebih terjangkau.

#1 Brokat Semi Prancis

Kain brokat jenis semi prancis sedang hits dan banyak dicari oleh para peminat kebaya. Dijual dalam bentuk potongan pabrik dengan ukuran per lembarnya adalah 250 x 145 cm. Ukuran ini termasuk besar dan bisa digunakan untuk membuat dress. Dan bisa untuk kebaya tunik yang lebih panjang.

Serupa dengan brokat prancis asli dari segi kualitas namun karakteristik semi perancis lebih kaku. Lebih mudah dijahit dan dibentuk menjadi berbagai kreasi model kebaya maupun dress. Lebih banyak digunakan oleh konsumen dibanding brokat prancis. Harganya cukup terjangkau bagi peminat kebaya maupun dress mewah berbahan brokat.

#2 Brokat Prada

Brokat ini merupakan jenis paling mahal diantara brokat lainnya di pasaran. Memiliki kualitas internasional yang tidak diragukan lagi. Penggunaannya tidak hanya sebagai kebaya tetapi juga bisa dibuat menjadi bermacam dress mewah bahkan gamis. Motif timbul yang kokoh namun halus menjadi kelebihan kain ini.

Karena harganya mahal banyak kemudian bermunculan bahan brokat semi prada di pasaran. Dari segi kualitas tentu di bawah prada asli. Namun dibandrol dengan harga lebih murah dengan maksud memfasilitasi konsumen yang tidak dapat menjangkau harga prada asli. 

#3 Brokat Corneli

Memiliki nilai khusus yang menjadi ciri khas. Menggunakan benang cord setiap ujung kain brokat. Motifnya timbul seperti prada dan semi prada namun tetap lembut dan lentur. Jika dikenakan bisa sedikit melebar namun tidak merusak motif. 

Brokat corneli cukup unik dan banyak diminati karena harganya terjangkau. Tersedia dalam bentuk gulungan sehingga konsumen bisa menentukan sendiri kebutuhan bahan yang akan dibeli. Selain terjangkau brokat ini sangat nyaman digunakan tidak menimbulkan panas atau gatal di kulit.

#4 Brokat Jacquardtronic

Secara umum karakteristiknya sama dengan kain brokat lainnya. Jika dibandingkan dengan brokat jenis semi prancis, jacquardtronic lebih halus dan tebal namun tetap fleksibel dan bisa dibentuk menjadi berbagai model. Lebih banyak digunakan sebagai kebaya karena ukuran lebar bidangnya terbatas yaitu 1,1 hingga 1,4 meter.

Jenis brokat ini tersedia dalam bentuk gulungan, jika ingin membeli sebaiknya tentukan dulu kebutuhannya. Harganya cukup terjangkau untuk menengah ke bawah sehingga bisa digunakan untuk seragaman keluarga, bridesmaid maupun seragam kantor. Warna yang tersedia cukup bervariasi mulai dari warna deep hingga cerah.

#5 Brokat Suppert

Brokat suppert adalah jenis brokat yang melar sehingga bisa digunakan untuk beberapa ukuran sekaligus. Banyak dijumpai pada pakaian kebaya khas Bali. Memiliki motif timbul yang sangat beragam dan halus sehingga nyaman digunakan. Tetapi ada versi KW yang memiliki kualitas di bawahnya, lebih kasar dan kurang melar.

#6 Brokat Lainnya

Masih banyak lagi jenis brokat yang dijual di pasaran dalam negeri. Brokat buatan lokal tak kalah berkualitas dan tetap anggun digunakan sebagai kebaya maupun dress. Brokat lokal sangat terjangkau dibandrol dengan harga mulai Rp15.000 hingga Rp35.000/meter. Kain brokat selalu berkembang menyesuaikan trend yang semakin modern.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *