Posted on Leave a comment

5 Tips Membeli kain Brokat Berdasarkan Jenisnya

Membeli kain brokat harus memperhatikan beberapa hal jika tidak ingin rugi. Kain ini terbilang mewah dan eksklusif sebanding dengan harganya di pasaran. Tetapi tidak semua brokat dibandrol dengan harga selangit. Ada berbagai jenis brokat di pasaran yang dijual dengan harga terjangkau kalangan menengah ke bawah.

Jika membeli secara langsung konsumen akan mendapat panduan dari pihak toko. Bisa memilih dengan lebih teliti masing-masing karakteristik bahan sesuai harganya. Umumnya pihak toko akan merekomendasikan jenis brokat yang berkualitas bagus. Tetapi harga yang harus dibayar juga mahal. Berikut adalah tips memilih brokat secara mandiri.

Tips Memilih Kain Brokat

Pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli bahan adalah menentukan tujuan pemakaian. Misalnya untuk wisuda, pesta, kondangan dan sebagainya sehingga bisa menentukan model yang akan dibuat. Tentukan motif dan warna yang akan dibeli apakah harus seragam dengan orang lain atau mandiri.

Setelah menentukan motif, tentukan kebutuhannya berapa meter kain yang harus dibeli. Usahakan membeli secukupnya untuk lebih menghemat budget. Tentukan pula apakah akan menggunakan furing sebagai lapisan dalam atau tidak. Hal ini penting supaya bisa sekaligus memilih warna yang serasi.

Jika membeli secara langsung, minta katalog toko. Biasanya akan disediakan dalam bentuk buku berisi potongan berbagai jenis kain beserta ketersediaan warnanya. Berbelanja brokat dengan cara seperti ini lebih menyingkat waktu dan tenaga. Tidak perlu berjalan berputar-putar untuk memilih. 

Membeli secara online, baca secara teliti detail deskripsi produk agar tidak salah. Jangan lupa untuk melihat kolom testimoni konsumen sebelumnya. Komentar dan review positif bisa dijadikan pertimbangan dalam menentukan toko terpercaya. Masukkan keyword bahan yang dicari secara spesifik untuk menghemat waktu.

#1 Brokat Prancis

Brokat prancis merupakan bahan yang berkualitas dengan motif bunga lembut, tidak panas dan tidak menyebabkan gatal dikulit. Jatuhnya sangat anggun ketika dikenakan baik untuk kebaya maupun dress. Tak heran jika banyak yang menggunakannya sebagai terusan sebanding dengan harganya. Brokat ini cocok untuk gaun yang mewah.

#2 Brokat Semi Prancis

Serupa dengan kain brokat prancis, namun brokat semi perancis memiliki karakteristik bahan lebih kaku. Meskipun begitu banyak diminati karena lebih mudah dijahit menjadi berbagai model. Harganya lebih murah jika dibanding dengan brokat prancis asli. Kualitasnya cukup kuat dan tahan lama dengan motif beragam. 

#3 Brokat Prada

Menginginkan kreasi lebih penuh? Bisa memilih brokat prada, karena memiliki motif timbul namun tetap halus. Motif tersebut bisa dipotong dan dijahit pada badan kebaya untuk memberikan aksen tambahan. Harganya cukup mahal namun sesuai dengan kualitas dan keragaman variasi warna dalam satu lembarnya.

#4 Brokat Italy

Brokat ini bisa menjadi alternatif model kebaya atau dress kekinian. Memiliki pola payet atau bordir pada lembaran kainnya. Sangat mencolok namun tetap anggun cocok untuk dress atau kebaya pesta. Harganya tergantung kerapatan payet dan bordir setiap kainnya. Pilih kain dengan payet dan bordir yang kuat.

#5 Brokat Biasa

Brokat ini motifnya cukup simple dengan tingkat kenyamanan standar. Meskipun cenderung panas dan gatal tetapi bisa disiasati dengan menambahkan furing berbahan katun. Brokat ini cukup ekonomis untuk semua kalangan. Cocok untuk seragaman keluarga besar yang membutuhkan banyak potongan.

Jika memakai brokat sebagai pakaian pribadi tidak masalah memilih yang paling berkualitas. Karena akan memberikan kepuasan tersendiri. Tetapi jika digunakan untuk seragaman bisa mempertimbangkan harga yang lebih murah. Namun secara umum semua kain brokat memberikan efek anggun dan eksklusif sekalipun harganya murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *