Posted on Leave a comment

Kenali Fungsi Kain Furing Lebih Jauh Sebelum Menggunakannya

Kain furing merupakan kain tambahan yang digunakan sebagai dalaman pakaian utama. Banyak tujuan penggunaan kain ini sesuai dengan jenis dan karakteristik kain utama. Tidak semua jenis pakaian memerlukan furing didalamnya. Tetapi karena harganya murah banyak produsen pakaian menggunakannya sebagai kreasi meskipun tidak terlalu dibutuhkan.

Bukan hanya pakaian saja yang menggunakan furing sebagai dalaman. Furing digunakan juga untuk jaket, tas, dompet wanita, topi, koper dan masih banyak lagi. Bahkan beberapa brand tas wanita memiliki label sendiri untuk kain yang digunakan sebagai dalaman ini. Selain memberi proteksi juga menambah nilai eksklusif.

Fungsi Kain Furing

Sering menggunakan tetapi tak banyak yang paham mengenai fungsi penggunaan furing pada pakaian. Bukan hanya sebagai pemanis atau menambah nilai estetika dari dress, rok atau jenis pakaian lainnya. Fungsinya sangat luas dan pada beberapa jenis kain tertentu furing menjadi sangat penting. Dan berikut adalah penjelasannya!

#1 Supaya Tidak Tipis

Membuat hasil potongan pakaian menjadi lebih tebal. Bahan yang tipis seperti shifon, ceruty, twiscone membutuhkan tambahan furing jika akan digunakan sebagai pakaian. Rok, dress atau gamis akan lebih bernilai estetik dan lebih sopan serta nyaman. Tampilan pakaian yang tipis membuat pemakainya kurang percaya diri.

Bagi pemilik postur tubuh yang kurus penggunaan pakaian tipis akan semakin menunjukkan kekurangan tersebut. Tubuh yang kurang berisi sering membuat kurang percaya diri. Supaya tampak lebih berisi bisa memanfaatkan furing untuk jenis kain yang tipis. Sehingga bentuk tubuh yang sebenarnya tersamarkan dan tampak lebih ideal.

#2 Bisa Untuk Busana Muslim

Furing menjadi wajib bagi busana muslim. Syarat busana muslim sesuai aturan adalah tidak transparan tidak membentuk lekuk tubuh. Padahal saat ini kain yang banyak dimanfaatkan sebagai gamis memiliki karakteristik tipis dan jatuh goyor. Sebut saja bahan spandek yang masih menjadi favorit para wanita.

Menambahkan furing membuat bahan yang semula tidak memenuhi syarat sebagai pakaian muslim bisa tetap digunakan. Lebih fleksibel dalam mengikuti tren fashion kekinian yang banyak menggunakan bahan tipis. Muslimah juga dapat menggunakannya namun tetap syar’i. Sekaligus meningkatkan kenyamanan berpakaian syar’I karena meminimalisir pandangan negatif orang lain.

#3 Lebih Rapi

Furing membantu proses pembuatan pakaian terutama potongan-potongan yang membutuhkan tingkat presisi tinggi. Blazer, bolero adalah contoh jenis pakaian yang digunakan sebagai luaran. Maka harus rapi dan enak dilihat ketika digunakan. Bahan pembuat blazer maupun bolero akan lebih mudah dibentuk dan lebih rapi dengan bantuan furing.

Penggunaan kain furing pada tas, dompet atau koper menjadikan hasil akhir rapi. Menutup atau menyembunyikan bagian dalam jahitan sehingga tidak tampak. Jahitan rapi merupakan branding dari produsen sebagai perusahaan berkualitas. Meskipun dibandrol lebih mahal tetapi pakaian atau asesoris yang dijahit rapi lebih mudah menarik konsumen.

#4 Pakaian Lebih Awet

Pakaian berbahan soft seperti ceruti atau shifon memiliki tekstur halus dan tipis. Bahan seperti ini sangat mudah rusak karena proses pencucian seperti sobek atau tersangkut yang menyebabkan serat kain tertarik. Akibatnya pakaian tidak awet dan mudah rusak. Penggunaan furing membantu melindungi terutama pada proses pencucian.

Karena menambah ketebalan permukaan pakaian sehingga mempermudah perawatan. Warna pakaian asli tidak mudah pudar karena proses pengeringan langsung dibawah sinar matahari. Setrika menjadi mudah karena lebih toleran terhadap suhu panas, tidak mudah berkerut. 

Bahan seperti brukat umumnya memerlukan penyimpanan khusus dan dan tidak bisa dilipat karena mudah rusak. Tetapi tidak perlu khawatir jika menggunakan furing pada pakaian brukat tersebut. Penyimpanan bisa dilipat dengan mudah bahkan untuk bahan soft karena adanya kain furing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *