Posted on Leave a comment

Daftar Bahan Pakaian Terpopuler, Salah Satunya Kain Scuba

Kain scuba merupakan salah satu bahan yang populer digunakan sebagai pembuat pakaian. Deskripsi pakaian dengan bahan scuba banyak dijumpai di online shop dan marketplace. Belum banyak yang mengetahui karakteristik bahan ini terutama orang awam di dunia fashion. Tetapi kain ini sudah sangat terkenal.

Mengenal karakteristik bahan pakaian berguna bagi calon konsumen. Untuk membedakan masing-masing kualitas beserta harga pasarannya. Sehingga tidak tertipu karena membayar lebih untuk standar kualitas kain yang tidak sepadan. Berikut ini adalah beberapa macam kain yang umum digunakan sebagai pembuat pakaian.

Macam-macam Kain untuk Bahan Pakaian

Berbagai macam jenis kain beredar di pasaran salah satu yang populer adalah katun. Tersedia berbagai macam katun mulai dari kualitas impor maupun lokal. Toyobo, katun ima, ima slub merupakan contoh katun import langsung dari Jepang. Di dalam negeri dikenal katun combed, katun rayon dan sebagainya.

Katun memiliki tingkat kenyamanan tinggi karena terbuat dari serat kapas alami. Memudahkan sirkulasi udara karena sifatnya breathable. Banyak digunakan sebagai pembuat pakaian sehari-hari maupun pakaian olahraga. Katun menjadi kain yang merakyat karena diminati dan digunakan berbagai kalangan.

Polyester, bahan sintetis yang dihasilkan dari perpaduan biji plastik. Tidak senyaman katun tetapi penggunaannya tak kalah luas. Karena merupakan bahan sitetis, polyester terkenal awet tidak mudah rusak maupun melar akibat pencucian dan penjemuran dalam jangka panjang. Bahannya cenderung panas sehingga tidak banyak digunakan untuk pakaian.

Linen adalah bahan serupa dengan katun. Karakteristiknya mirip yaitu mudah menyerap keringat, breathable, sehingga nyaman digunakan untuk aktifitas sehari-hari. Namun linen lebih eksklusif karena seratnya lebih halus, lembut dan dingin. Cocok digunakan bagi mereka yang energik baik di dalam maupun luar ruangan.

Wool adalah bahan pakaian yang memiliki kesan mewah dan mahal. Bahan ini lebih cocok digunakan pada saat musim dingin. Kurang sesuai untuk digunakan di Indonesia, tetapi saat ini sudah ada modifikasi berupa wool tipis. Perawatannya butuh kehati-hatian, jika salah dalam proses pencucian serat kainnya rusak.

Baca Juga: Kenali 7 Jenis Kain Fleece Berikut Ini sebelum Menggunakannya

Berikutnya adalah kain sutra. Kain ini sangat eksklusif dan disebut sebagai kain paling mahal. Terbuat dari serat alami kepompong ulat sutra tak heran jika harganya cukup fantastic. Kain sutra mudah menyerap air tetapi harus hati-hati dalam merawatnya karena mudah sobek.

Selanjutnya adalah bahan scuba yang memiliki serat lebih halus. Pemanfaatannya sangat luas tidak hanya untuk membuat jenis pakaian. Tetapi juga aksesoris seperti bando, ikat rambut dan sebagainya. Bahkan yang paling hits saat ini kain scuba digunakan untuk membuat masker. 

Alasan Kain Scuba Dipilih Artis

Memiliki banyak kelebihan menyebabkan bahan scuba banyak dicari untuk dijadikan berbagai jenis pakaian. Bahan ini selain tebal, tidak menerawang, melar dan menyerap keringat juga dibandrol harga terjangkau. Untuk kalangan produsen sifat ini sangat menguntungkan karena dapat memaksimalkan pendapatan dengan menaikkan margin.

Bahkan bahan ini banyak diminati kalangan artis, baik digunakan sebagai bahan pembuat pakaian untuk tujuan komersil juga untuk dipakai sendiri. Bahan scuba banyak pilihan motif dan warna jadi lebih fleksibel penggunaannya. Cocok untuk acara formal dengan memanfaatkan bahan polos, maupun acara santai menggunakan kain bermotif.

Mudah dikreasikan dengan bahan lain karena memiliki kerapatan tinggi. Kalangan artis umumnya menggunakan pakaian dengan berbagai aplikasi atau kombinasi bahan. Untuk tampil berbeda tak jarang menggunakan pakaian kontroversial. Alasan lainnya adalah kain scuba banyak tersedia di pasaran sehingga mudah dan murah mendapatkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *