Posted on Leave a comment

6 Ciri Khas Kain Toyobo yang Tidak Bisa Ditawar

Kain toyobo memiliki ciri khas yang spesial dan membedakannya dengan jenis katun lainnya. Sebagai bahan yang diproduksi di negeri Sakura tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Masing-masing bahan baik impor maupun produksi lokal memiliki ciri berbeda. Namun toyobo termasuk kain eksklusif bernilai jual tinggi.

Kehadirannya dalam dunia fashion muslim menjadi trend yang tidak bisa ditolak. Menawarkan kenyamanan baik untuk pengguna pria maupun wanita. Bahkan kain ini bisa digunakan untuk membuat set gamis anak-anak. Berikut ini adalah ciri sekaligus kelebihan toyobo yang menjadikannya banyak diminati pecinta fashion.

#1 Tingkat Kenyamanan Tinggi

Terbuat dari kapas asli berkualitas membuat toyobo memiliki karakteristik mudah menyerap keringat. Lebih ramah bagi kulit karena meminimalisir munculnya jamur atau bakteri. Menjadikannya lebih adem ketika dipakai karena tidak menahan suhu disekitarnya. Cocok digunakan untuk daerah tropis seperti Indonesia yang cenderung panas dan lembab. 

Bahannya breathable, sirkulasi udara lancar karena berpori. Meskipun dipakai pada saat matahari terik tetap sejuk. Sangat mendukung aktifitas diluar ruangan. Tak heran jika banyak digunakan juga untuk seragam komunitas dan almamater dengan segudang aktifitas outdoor di dalamnya.

#2 Seratnya Rapat Tidak Menerawang

Tidak menerawang adalah salah satu kelebihan kain toyobo yang menjadikannya alternatif favorit sebagai bahan pembuat gamis. Sifat ini sangat disukai para pecinta fashion muslim karena memuhi standar sebagai pakaian syar’i. Untuk baju koko maupun gamis sudah memenuhi syarat sebagai penutup aurat yang baik.

Dibuat menjadi dress atau gamis tidak lagi membutuhkan furing. Dalaman atau furing umumnya membuat tidak nyaman pemakainya karena terkesan tebal. Menggunakan bahan toyobo sebagai pakaian lebih praktis. Untuk anak-anak juga nyaman karena tanpa lapisan dalam tersebut. 

#3 Halus dan Tidak Mengkilap

Kerapatan serat kain menghasilkan permukaan halus, sangat baik bagi kulit karena meminimalisir iritasi akibat gesekan. Bahannya dari kapas sehingga tidak mengkilap namun tetap tampak elegan dengan penggunaan yang tepat. Bahan mudah dibentuk karena tidak kaku. Sehingga mudah dikreasikan menjadi berbagai jenis pakaian. 

Sifat bahan yang halus memberi kemudahan ketika ditambah aplikasi seperti rajut, sulam atau sablon. Sifat ini mengakomodasi pembuatan seragam dengan identitas komunitas. Kain toyobo bisa dikreasikan bersama jenis bahan lain seperti shifon, ceruti, organza dan sebagainya. Biasanya digunakan untuk dress pesta.

#4 Ketahanan Warnanya Bagus

Warnanya tahan lama, tidak mudah luntur atau berubah karena proses cuci jemur berulang. Untuk pemakaian jangka panjang sampai bertahun-tahun warnanya tetap akan bertahan. Sifat ini menjadi favorit kaum wanita yang selalu ingin tampil segar dengan warna pilihan. Tidak khawatir kusam karena proses pencucian atau setrika.

#5 Anti Kusut

Sifat ini menjadi favorit wanita khususnya ibu rumah tangga. Menghemat waktu dan tenaga dalam merapikan dan menyimpan pakaian berbahan toyobo. Tidak membutuhkan banyak waktu ketika menyetrika maupun melipat pakaian. Bahkan tidak akan tampak kusut meskipun tidak disetrika.

Terutama jika digunakan sebagai gamis. Biasanya butuh waktu lama dalam menyetrika dan merapikan gamis. Dengan memilih toyobo sebagai bahan gamis Anda menyingkat waktu perawatan pakaian. Bisa dengan menggantungnya menggunakan hanger, gamis tidak akan terlihat kusut.

Baca Juga: Kenali 7 Jenis Kain Fleece Berikut Ini sebelum Menggunakannya

#6 Kainnya Luwes dan Jatuh

Luwes dan jatuh sangat sesuai dijadikan sebagai dress dan gamis. Lebih tampak elegan dan anggun bagi wanita. Sifat kain semacam ini paling dicari para desainer karena sesuai dengan keinginan konsumen. Mudah dikreasikan bersama dengan bahan lain menjadi berbagai model baju dan dress.

Karakteristik kain seperti ini sedang menjadi tren di kalangan wanita. Mengikuti tren model pakaian seperti tunik dan gamis syar’i. Sifat kain toyobo yang luwes dan jatuh merupakan kelebihan yang menjadikannya bernilai tinggi dan banyak dicari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *