Posted on Leave a comment

3 Kategori Kain Bahan Kaos yang Umum Digunakan

Tidak banyak yang mengenal kain bahan kaos secara spesifik. Masyarakat umumnya mengetahui kaos dibuat dari bahan katun. Tetapi ada banyak macam bahan kaos yang biasa digunakan. Masing-masing jenis bahan bahkan memiliki kualitas berbeda sesuai kerapatan benang.

Tak heran jika di pasaran harga untuk kaos berbeda-beda. Untuk model kaos yang sama masing-masing brand dibandrol harga berbeda. Ada kaos yang bisa dibeli dengan harga 50 ribuan, namun ada pula yang sampai 300 ribuan bahkan lebih.

Faktor yang menentukan harga barang jadi kaos terutama dari kualitas bahan pembuatnya. Semakin baik kualitasnya semakin nyaman digunakan. Selain lembut, tidak berserabut juga dapat menyerap keringat dengan baik. Ada 3 kategori bahan kaos berikut penjelasannya.

Kain Bahan Kaos Plain Fabrics

Bahan plain fabrics adalah bahan berwarna solid, polos tidak bermotif. Kain bahan kaos yang masuk kategori plain fabrics adalah katun combed, katun carded, dan CVC (Chief Value cotton). Katun combed sudah banyak dikenal di pasaran. Terdapat beberapa perbedaan kualitas berdasarkan gramasinya misalnya 20S, 24S, 30S.

Chief Value Cotton, meskipun termasuk dalam plain fabrics tetapi terbuat dari campuran katun dan polyester. Polyester sendiri adalah bahan sintetis yang umumnya dibuat dari serat biji plastik. Namun kandungan kapas alami pada kain ini lebih besar yaitu 55%.

Dari ketiga jenis bahan di atas tingkat kenyamanan paling tinggi adalah katun combed karena memiliki daya serap tinggi terhadap kelembaban, dengan komposisi benang rata. Katun combed juga paling mahal dibanding katun carded dan CVC. Variasi warna paling banyak diantara ketiganya dimiliki katun combed.

Baca Juga: Kenali 7 Jenis Kain Fleece Berikut Ini sebelum Menggunakannya

Premium Fabrics

Katun bamboo, katun modal dan U.S Pima adalah kain yang masuk kategori premium. Katun bamboo terbuat dari serat bambu yang terbukti anti bakteri. Sehingga meminimalisir bau karena munculnya bakteri dari keringat saat beraktifitas. Batang bambu memiliki kandungan “penny quinone” yang tidak dimiliki bahan lain.

Katun modal merupakan campuran antara kapas dengan serat kayu atau “beechwood”. Sama-sama memiliki kandungan anti bakteri, namun penampilan katun modal lebih elegan. Permukaan kainnya berkilau namun tetap menyerap keringat dengan baik. Sehingga tetap nyaman digunakan.

U.S Pima cotton, adalah kain yang terbuat dari 100% kapas alami. U.S Pima Cotton dibuat dari kapas langka dimana hanya terdapat 1% total panennya di seluruh dunia. Namun kualitasnya tidak diragukan lagi. Seratnya lebih panjang, lebih kuat dengan warna cerah.

Fancy Fabrics

Fancy fabrics adalah kain dengan motif atau pola. Termasuk dalam kategori fancy fabrics diantaranya adalah CVC Threetone dan twotone, CVC Astro, CVC New Slub Siro, Katun galaxy dan CVC Fuzy. Bahan yang masuk kategori ini memiliki komposisi campuran CVC dan katun atau kapas.

Tetapi tingkat kenyamanannya tetap tinggi. Selain halus dan menyerapp keringat karena adanya bahan kapas, bahan fancy fabrics memiliki corak lebih menarik. Berbeda dengan plain fabrics yang polos tanpa motif. Inilah yang menyebabkan harga fancy fabrics lebih mahal dibanding plain fabrics.

Secara umum bahan kaos paling banyak digunakan adalah katun combed. Paling banyak dikenal masyarakat secara luas. Selain karena nyaman digunakan, variasi warnanya banyak, mudah disablon juga harganya terjangkau. Menjadi kain bahan kaos yang ramai dicari di pasaran untuk berbagai kebutuhan penggunaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *