Posted on Leave a comment

Kain Tile Fungsinya Banyak, Seperti Inilah Kegunaannya!

Kain tile adalah salah satu bahan pakaian yang berguna tidak hanya untuk membuat baju saja. Namun bahan ini juga bisa digunakan untuk membuat rok panjang dan gaun. Bagi mereka yang terbiasa dengan dunia fashion, tentunya tidak asing dengan jenis kain ini. Maka dari itu bila ingin membuat gaun untuk pesta pernikahan, sebaiknya gunakan bahan tile.

Saat ini bahan tile mudah ditemukan di penjual kain (toko kain). Bahkan lewat pembelian online itupun juga bisa dan sudah menjadi hal yang biasa bagi sebagian besar orang. Namun khusus untuk yang masih awam, sebaiknya pahami dulu kegunaannya dengan baik. Sehingga Anda bisa memaksimalkan fungsinya lebih banyak.

Fungsi Kain Tile

Bahan ini kerap ditemukan pada industri busana fashion. Bahkan untuk mempercantik tampilannya, biasanya di dalamnya ditambahkan dengan aksen bordiran. Inilah yang kemudian disebut sebagai renda. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari bahan tile untuk sehari-hari, antara lain:

  1. Bahan yang indah dan unik ini ternyata juga bisa digunakan untuk pembuatan rok panjang yang menjuntai atau dibuat menggelembung. Bahkan bahan ini juga kerap dijadikan sebagai bahan pembuatan gaun. Supaya hasilnya lebih elegan, biasanya pada gaun tersebut ditambahkan beberapa lembar dari bahan tile.
  2. Selain untuk pembuatan gaun dan rok, bahan ini juga bisa digunakan untuk pembuatan kerudung atau hiasan kepala ketika sedang di acara pernikahan. Itu karena bentuknya transparan sehingga membuatnya bisa terlihat jelas ketika digunakan sebagai hiasan kepala di acara pernikahan.
  3. Hal paling menarik dari bahan tile adalah bisa digunakan untuk bagian dekorasi dan desain interior. Misalnya saja untuk pembuatan ornamen dan bunga imitasi yang unik sehingga hasilnya terlihat lebih menarik.
  4. Fungsi lain dari bahan ini adalah untuk bungkus kado spesial, baik di acara pernikahan dan kelahiran bayi. Jadi dilihat dari manapun, fungsi kain ini cukup banyak. Selain bisa digunakan untuk bahan pembuatan pakaian, namun juga dapat dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan yang menggunakan tekstur permukaannya supaya terlihat lebih unik.

Perbedaan Kain Tile Vs Bobbinet

Bahan tile ini umumnya berupa jaring-jaring. Sehingga beberapa orang terkadang mengira bila kain ini seperti bobbinet, padahal keduanya berbeda jauh. Selain bobbinet, ada juga beberapa kain yang lain yang bentuknya juga jaring-jaring. Yaitu kain fillet, malin, dan kain untuk menjaring ikan. 

Melihat banyaknya varian dari kain jaring-jaring tersebut, hal ini membuat beberapa orang kesulitan untuk membedakannya. Terlebih saat ini tidak banyak literatur yang membahas seputar perbedaan dari bahan tile dengan bobbinet. Maka dari itu untuk memahami perbedaannya lebih jauh, maka di bawah ini akan kami jelaskan perbedaan keduanya, antara lain:

  1. Kain bobbinet itu bentuknya berupa heksagonal dan teksturnya sangat tipis. Sehingga bila ditanya soal sifatnya juga transparan seperti bahan tile. Namun dari segi warna, bobbinet berwarna sedikit buram dan teksturnya cukup kasar. Kain ini mudah ditemukan di Amerika, Perancis, dan Inggris. Amerika umumnya sering melakukan impor dari Perancis dan Inggris untuk mendapatkan kain ini.
  2. Bahan tile ini teksturnya lembut sehingga berbeda dengan bobbinet. Selain itu, sifatnya kaku namun lebih ringan daripada bobbinet.

Nah itulah perbedaan dari bobbinet dan kain tile. Dengan memahami perbedaan di antara keduanya, hal ini akan membantu Anda untuk memahami seperti apakah fungsinya lebih jauh. Sehingga Anda tahu mana yang paling dibutuhkan bila dilihat dari kegunaannya dan sifatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *