Posted on Leave a comment

4 Pilihan Kain Brokat Terbaik untuk Acara Wisuda

Kain brokat merupakan kain eksklusif yang umumnya digunakan untuk acara formal. Pesta dan perayaan umumnya menggunakan bahan ini sebagai outfit andalan. Bukan hanya elegan dan mewah tetapi juga terkesan resmi. Brokat merupakan pakaian wajib ketika mengikuti prosesi wisuda. Bisa dibuat menjadi berbagai model dan gaya.

Brokat adalah kain yang sarat dengan dekorasi. Tersedia dalam berbagai warna baik tunggal maupun kombinasi. Begitu juga dengan motifnya, seperti tidak pernah habis ide motif yang dihasilkan. Penggunaan brokat bisa disesuaikan dengan acara yang dihadiri. Berikut adalah macam brokat yang biasa digunakan untuk wisuda.

Macam-Macam Kain Brokat untuk Wisuda

Meskipun acara formal tetapi penggunaan brokat pada saat wisuda tidak ada batasan khusus. Apapun motif dan jenisnya bisa digunakan asalkan tetap sopan dan menunjukkan karakter terpelajar. Kebanyakan kebaya wisuda dibuat dengan model simple yang memberi kemudahan gerak dan fleksibel dipadupadankan dengan motif rok. 

  • Brokat Prada

Brokat jenis prada merupakan bahan paling mahal dibanding jenis lainnya. Memiliki motif timbul yang tampak mewah dan sangat mencolok perbedaannya dengan jenis lain. Brokat ini menjadi pilihan para desainer kenamaan. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi karena kuat dan tidak mudah rusak dalam pemakaian jangka panjang.

Digunakan sebagai dress tampak sangat mewah sesuai dengan harganya. Begitu juga dimanfaatkan sebagai kebaya wisuda. Hasil potongan yang dihasilkan lebih presisi meskipun tanpa furing. Dengan motif beragam dan kombinasi warna lebih variatif bisa lebih dari 3 macam dalam satu kain.

  • Brokat Tile

Perpaduan antara kain brokat dan kain tile. Karakteristiknya merupakan kombinasi keduanya yaitu tipis namun kuat dengan motif brokat jelas. Paling banyak menampilkan motif bunga yang simple namun cantik. Brokat jenis ini cukup tipis dan ringan dan tetap nyaman digunakan sebagai kebaya wisuda. 

Brokat tile secara kualitas berada di bawah prada tetapi kelebihannya adalah harganya terjangkau. Tanpa mengurangi nilai estetika brokat ini cocok bagi kalangan menengah ke bawah. Jenis brokat ini juga banyak dijual dalam bentuk kebaya jadi.

  • Brokat Corneli

Brokat corneli tidak asing lagi, jika membeli bahan melalui toko offline akan dapat ditunjukkan karakteristik bahannya. Motifnya timbul tetapi tetap halus jika diraba. Kainnya lebih lentur dan tidak kaku sehingga tetap nyaman digunakan. Apalagi untuk wisuda yang memakan waktu lama.

Corneli sendiri diambil dari kata cord atau benang cord yang terdapat pada ujung kain. Brokat jenis ini juga cukup terjangkau dengan tingkat kenyamanan tinggi. Motif dan warna yang tersedia sangat beragam. Ada warna polos dan kombinasi yang semakin menambah keragaman.

  • Brokat Tile 3D

Masih satu golongan dengan brokat tile, brokat tile 3D menampilkan motif bunga dalam 3 dimensi. Setiap lembar kain dihiasi motif 3D seperti ini yang menambah nilai jualnya. Namun tetap terjangkau dan terbilang murah untuk kualitas yang terjamin. 

Motif 3D akan tampak jelas ketika sudah dikenakan. Dibantu dengan pemilihan warna furing kontras motif lebih nyata. Brokat memiliki prestige tersendiri bagi pemakainya. Selain tampil anggun pengguna kebaya brokat akan merasa Indonesia banget. Sebab kebaya merupakan pakaian nasional yang merepresentasikan karakter wanita Indonesia yang santun.

Menentukan brokat untuk digunakan di berbagai acara resmi tidak sulit. Tidak ada batasan warna kulit dalam memilih motif dan warna brokat. Motif dan bahannya menonjolkan keanggunan sehingga apapun warna kulit pemakainya tidak akan berpengaruh. Kain brokat tetap cantik digunakan oleh pemilik kulit gelap maupun cerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *