Posted on Leave a comment

Pengertian, Pemakaian, dan Harga Kain Spandex Balon

Jenis kain spandex balon merupakan salah satu jenis kain yang sangat familiar dikalangan wanita, karena sering digunakan sebagai pembuatan baju muslim, hijab, ataupun kerudung. Mungkin dari anda sudah mengetahuinya, dan memiliki karakteristik unik dibandingkan bahan lainnya. Selain spandex balon, ada juga bahan spandex lainnya.

Buat anda yang masih penasaran dengan spandex balon bisa membaca artikel ini sampai selesai. Karena akan membahas seputar spandex balon yang mempunyai sejuta kelebihan serta membuat siapa saja nyaman ketika memakainya. Sehingga tak bisa dipungkiri bahwa permintaan spandex balon cukup banyak.

Apabila dilihat dari susunan pintalan benangnya terdiri dari berbagai kumpulan bahan seperti polimer yang mempunyai 2 segmen. Untuk segmen panjang memiliki kegunaan agar bahan elastis saat digunakan. Sedangkan segmen pendek, untuk pengikat diantara benang yang satu dengan benang lainnya. Sehingga bersifat lebih kaku.

Pengertian Kain Spandex Balon

Pada umumnya pengertian kain spandex balon yakni salah satu jenis spandex yang mempunyai sifat Stretch, sehingga lebih mudah di printing atau di sublim. Spandex balon juga sering digunakan dalam pembuatan inner suit  dan baselayer, serta pakaikan olahraga ataupun Jersey. Bentuknya yang elastis menjadikannya dinamai spandex balon.

Karena banyak sekali pembuatan baju yang menggunakan bahan spandex balon, jadi dikelompokkan berbagai macam tingkat ketebalannya yang berbeda-beda. Ada yang dibuat dengan tingkat ketebalan tipis, sedang, ataupun sangat tebal. Umumnya spandex balon memiliki ketebalan sekitar 200 gram sampai 220 gram meter persegi.

Baca Juga: Seperti Inilah Karakteristik, Jenis, Dan Cara Merawat Kain Hyget

Pemakaian Spandek Balon

Keberadaan bahan spandex balon tentu memiliki manfaat tersendiri dalam dunia tekstil, setiap bahan ataupun kain mempunyai kegunaan yang berbeda. Begitu juga dengan spandex balon, seringkali produsen memanfaatkan bahan ini untuk membuat kaos ataupun baju muslimah, misal jilbab instan, manset, legging, dan kerudung.

Ketika bahan spandex balon dijadikan sebagai legging dan manset tidak menjadikanmu ribet, risih, ataupun menumpuk. Pasalnya ketebalan bahan spandex balon tipis dan mudah menempel pada kulit tubuh. Karena mudah elastis, jadi bisa dijadikan berbagai jenis pakaian, sehingga banyak pilihan untuk konsumen. Apakah anda merasakannya juga?

Harga Spandex Balon

Nah yang menjadi pertanyaan paling mendasar adalah berapa harga yang ditawarkan dari bahan spandex balon? Tentu setiap toko menjualnya dengan beraneka ragam, namun patokannya yakni untuk per meter bahan spandex dijual seharga 50 sampai 60 ribu per meternya. Lalu bagaimana dengan harga per kilonya

Banyak spandex balon dijual dengan harga 65 ribu (harga ecer). Dimana 1 kilo tersebut mendapatkan bahannya berukuran 3 meter. Kalau anda menginginkan harga yang lebih murah, bisa membelinya secara grosir. Yakni minimal membeli 25 kg dari warna yang anda inginkan. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Kelebihan Bahan Spandex

Sepeti yang sudah dijelaskan bahwa karakteristik yang dimilikinya kadangkala menjadikannya kelebihan ataupun kekurangan. Kelebihan pertama adalah bahan spandex balon tipis dan cocok untuk bergerak bebas. Karena tingkat elastisitasnya sangat tinggi, jadi wajar saja spandex balon berbahan tipis dan ringan.

Tahukah anda bahwa bahan spandex lebih awet dibandingkan dengan bahan katun. Karena ini disebabkan oleh bahan spandex yang lebih kuat dan awet, daripada bahan katun. Kelebihan selanjutnya cenderung panas serta ketat, karena komposisi bahan yang digunakan terdiri dari polyurethane dan serat kapas. Sehingga kain spandex balon banyak digemari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *