Posted on Leave a comment

3 Negara Penghasil Kain Velvet Paling Populer

Kain velvet di Indonesia kebanyakan berasal dari luar negeri. Di impor langsung dari Negara-negara penghasil velvet yang telah bekerja sama. Bagi kaum kapitalis, segmen industri khususnya garmen memberikan keuntungan menjanjikan. Dan Indonesia merupakan pasar yang sangat potensial bagi industri tersebut.

Fashion adalah kebutuhan primer yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Setiap orang membutuhkan pakaian. Hal ini mendorong perkembangan industri tekstil dan garmen secara global. Berbagai jenis kain termasuk velvet diproduksi untuk memenuhi permintaan pasar. Berikut adalah Negara penghasil velvet yang paling populer. 

#1 Kuba

Kuba adalah Negara produsen kain velvet yang cukup terkenal. Di Negara ini bahan yang digunakan sangat khas yaitu raffia. Penggunaan bahan raffia cukup unik karena sangat jarang namun itulah yang menjadi ciri khas velvet dari Kuba. 

Raffia sendiri adalah serat sintetis yang harganya cukup terjangkau. Serat ini dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuat velvet karena ketersediaannya melimpah. Sehingga hasil produksi berupa bahan velvet bisa dijual dengan harga terjangkau. Berbeda jika menggunakan bahan sutra asli. 

Meskipun dari bahan sintetis tetapi kualitas velvet dari Kuba sangat bagus dan diminati konsumen dari berbagai Negara termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri velvet asli Kuba dijual dengan harga yang masih terjangkau bagi semua kalangan. Pemanfaatannya sangat luas mulai dari pembuatan produk fashion hingga dekorasi.

Semakin meningkatnya permintaan masyarakat terhadap bahan velvet saat ini mulai dikembangkan penggunaan bahan sintetis lain dalam pembuatannya. Polyester, viscose, nylon dan asetat mulai banyak digunakan di Kuba sebagai bahan pembuat velvet. Bahan sintetis ini juga ditambahkan bahan sutra untuk menghasilkan velvet yang lembut dan reflektif.

#2 China

China merupakan Negara yang sangat berdedikasi terhadap segmen bisnis dan perdagangan. Negara ini juga terkenal sebagai salah satu penghasil sutra terbaik di dunia. Tak heran jika kemudian banyak industri tekstil dan garmen menghasilkan berbagai macam pakaian terbuat dari bahan velvet.

Velvet yang diproduksi oleh China tak hanya menggunakan sutra asli tetapi juga bahan polyester. Bahan sutra yang digunakan menghasilkan velvet berkualitas tinggi yang sangat lembut dan dijual dengan harga mahal. Untuk satu meter kain yang dibuat dari sutra bisa dijual dengan harga mulai dari Rp1.000.000.

Velvet terbaik dari China bisa dinikmati di pasaran dalam negeri. Meskipun harganya cukup fantastis tapi bisa dilihat langsung perbedaannya dengan velvet lain. Bagi yang tidak menjangkau sutra asli tidak perlu khawatir. China juga memproduksi velvet dari campuran sutra dan polyester. Tentunya harga jualnya lebih terjangkau.

Salah satu perusahaan produsen velvet terbaik adalah Haining Xinyi Import&Export co.,Ltd. Perusahaan memproduksi berbagai jenis velvet dengan tingkatan kualitas berbeda. Sehingga mampu mengakomodasi kebutuhan kalangan atas maupun menengah ke bawah. Velvet biasa yang diproduksi di jual mulai dari Rp24.000/meter di Indonesia.

#3 Italia

Merupakan salah satu Negara yang menjadi kiblat fashion dunia Italia juga memproduksi velvet terbaik. Kain yang dihasilkan berkualitas tinggi standar Eropa. Velvet yang diproduksi dihiasi aksen bordiran bunga khas. Pemanfaatannya bukan hanya sebagai bahan pakaian atau dress mewah tetap juga digunakan sebagai dekorasi ruangan. 

Velvet yang diimpor langsung dari Italia bernilai eksklusif dan berharga mahal. Dijual mulai dari $5 per meter untuk velvet polos dan $85 per meter untuk velvet kombinasi bordir. Harga ini sangat sesuai dengan kualitas kain velvet dan keindahan yang disajikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *