Posted on Leave a comment

Mengenal Plus Minus Bahan untuk Pakaian, Seperti Kain Supernova!

Setiap kain yang digunakan sebagai pakaian memiliki kelebihan dan kekurangan termasuk juga kain supernova. Ada banyak macam kain dengan karakteristik masing-masing yang penggunaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Kain dengan sifat menghangatkan bisa dijadikan sebagai outer atau jaket. Kain yang adem bisa dimanfaatkan untuk busana sehari-hari.

Tinggal di daerah tropis seperti Indonesia tidak terlalu sulit mencari bahan untuk pakaian yang nyaman. Bahan dari katun maupun polyester bisa dimanfaatkan karena tetap nyaman digunakan meski di siang hari. Perubahan suhu yang tidak terlalu mencolok memudahkan orang beradaptasi. Berikut bahan yang umum digunakan untuk pakaian. 

#1 Rayon

Bahan ini sangat nyaman digunakan sehari-hari karena terbuat dari serat kapas yang adem dan menyerap keringat. Rayon biasa digunakan sebagai bahan pembuat daster yang merupakan pakaian sehari-hari para wanita. Permukaannya lembut sehingga tidak menyebabkan iritasi atau melukai kulit meskipun terjadi gesekan dalam intensitas tinggi.

Dibalik kenyamanannya bahan rayon memiliki kelemahan yaitu mudah kusut. Maka bahan ini lebih cocok digunakan untuk pakaian sehari-hari dalam suasana santai. Tidak sesuai untuk pakaian acara resmi. Tak jarang beberapa jenis rayon mudah luntur ketika dicuci. Bahan ini harus disetrika sebelum disimpan supaya lebih rapi.

#2 Sutra

Kain sutra sangat halus merupakan serat organic yang memiliki nilai jual tinggi. Kain ini sangat elegan digunakan dalam berbagai jenis pakaian baik wanita maupun pria. Bahan sutra sangat kuat, lembut dan halus dija bersentuhan dengan kulit. Menyerap keringat dengan baik, cocok digunakan di daerah tropis. 

Material mentahnya dari bahan organic sehingga harganya cukup mahal. Sutra asli biasa dibandrol dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah per meternya. Selain itu membutuhkan perawatan lebih supaya serat kainnya awet dan tidak mudah rusak. Pencucian sebisa mungkin secara manual dilanjutkan proses penyetrikaan dengan suhu sedang.

Baca Juga: 5+ Pilihan Kain Spandex Jersey Terbaik, Pilih Mana?

#3 Katun

Bahan katun merupakan bahan yang merakyat karena digunakan secara luas. Terdapat berbagai macam katun dengan harga bervariasi. Katun sangat nyaman digunakan sama halnya dengan kain supernova. Bisa digunakan untuk pakaian sehari-hari maupun acara formal. Bisa dibentuk menjadi berbagai kombinasi tanpa mengurangi kenyamanannya.

Bahan katun memiliki karakteristik agak tebal sehingga jarang digunakan sebagai kerudung. Selain itu bahan katun lebih cocok digunakan sebagai pakaian santai. Mudah menyerap keringat tetapi lebih lama proses pengeringannya. Proses pengeringannya perlu dilakukan dibawah sinar matahari dengan resiko warna cepat pudar.

#4 Polyester

Tidak mudah kusut adalah kelebihan bahan polyester, perawatannya mudah dan cenderung awet. Penggunaan bahan ini banyak diminati khususnya untuk pakaian acara formal. Kelemahan polyester adalah kemampuan menyerap keringat yang rendah. Sehingga menyebabkan efek panas dan gerah jika digunakan pada siang hari.

#5 Spandek

Spandek memiliki karakteristik elastisitas tinggi, mudah melar. Meskipun dibuat dari campuran polyester dan kapas bahan ini dapat menyerap keringat dengan baik. Banyak digunakan sebagai kaos dan pakaian harian. Tetapi harus diperhatikan pada saat mencuci karena mudah molor. Spandek dalam pemakaian jangka panjang juga kurang awet.

#6 Sifon

Sifon memiliki sifat mirip dengan kain supernova yaitu tipis, halus dan ringan. tetapi sifon lebih jatuh ketika dikenakan. Bahan ini cukup awet dalam pemakaian jangka panjang hanya saja perlu berhati-hati pada saat proses pencucian. Serat kainnya mudah pudar jika tersangkut.

#7 Supernova

Supernova memiliki karakteristik idaman dalam penggunaannya sebagai pakaian. Sifatnya tipis, ringan dan menyerap keringat memberikan kenyamanan pemakainya. Bisa digunakan untuk pakaian pria. Namun kain supernova agak menerawang sehingga dibutuhkan furing jika akan digunakan sebagai dress atau rok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *