Posted on Leave a comment

Proses Pembuatan Kain Supernova dan Hal Penting Didalamnya!

Pada dasarnya kain supernova terbuat dari kapas. Sifatnya ringan, berpori dan tipis namun diminati karena kenyamanannya. Kain ini terkenal sejak kemunculan bahan gamis dan kerudung dengan material tersebut. Banyak yang kemudian penasaran dengan kualitas kenyamanan supernova. Apalagi harga yang ditawarkan cukup menarik minat pembeli.

Harga material yang murah bukan berarti kualitasnya murahan, sebaliknya justru memberikan kenyamanan untuk dipakai oleh semua kalangan usia. Harga terjangkau tersebut didapatkan karena proses pembuatan yang sederhana serta bahan mentah melimpah. Berikut ini adalah penjelasan proses pembuatan supernova yang penting diketahui.

Proses Pembuatan Kain Supernova

Supernova didapatkan dari proses rajutan yang dikerjakan mesin otomatis. Namun tetap pengoperasiannya dilakukan oleh tenaga manusia. Pembuatan menggunakan mesin produksi ini menghasilkan kain dalam jumlah banyak. Memanfaatkan bahan mentah kapas yang tersedia melimpah. Pembuatan mudah, material murah sehingga kain yang dihasilkan dijual dengan harga terjangkau.

Meskipun dikerjakan secara otomatis tetapi dilakukan pengawasan mutu. Ada standar khusus untuk menentukan kualitas kain yang dihasilkan. Namun kain yang tidak memenuhi syarat mutu tetap dijual dengan harga lebih rendah. Berikut adalah urutan pembuatan supernova.

#1 Mengatur Mesin Rajut

Sebelum memulai proses produksi terlebih dahulu harus diatur mesin yang akan digunakan. Mempersiapkan dan memastikan bahwa mesin produksi dalam keadaan prima siap bekerja. Settingan mesin dilanjutkan dengan memasang benang rajutan sesuai kerapatan yang diinginkan. Renggang atau rapat disesuaikan dengan kerapatan kain yang akan dibuat.

Selain pengaturan mesin sebelum digunakan juga diperlukan perawatan secara berkala. Sehingga mesin dapat bekerja sesuai standar waktu dan kualitas. Perawatan juga dimaksudkan menjaga usia mesin agar tetap dapat digunakan dalam waktu lama serta hasilnya sesuai dengan settingan sebelumnya. 

Baca Juga: 5+ Pilihan Kain Spandex Jersey Terbaik, Pilih Mana?

#2 Penggesekan

Setelah dilakukan setting pada mesin tahap selanjutnya adalah penggesekan dari sisi kanan dan kiri. Proses ini akan menentukan panjang dan lebarnya kain rajutan yang diinginkan. Tahapan ini juga dilakukan pemilihan warna benang. Benang warna tunggal maupun campuran bisa ditentukan sendiri sesuai keinginan. 

#3 Menyambungkan Kain

Tahap berikutnya adalah proses penyambungan kain menggunakan mesin yang disebut linking. Mesin linking menggunakan jarum rajut yang berbeda dari mesin sebelumnya. Jarum tersebut menjahit atau menyambung beberapa kain menjadi barang jadi. Pakaian jadi atau syal dibuat langsung melalui mesin linking ini. 

Hal Penting dari Kain Supernova!

Hal penting yang harus dilakukan pemilik pakaian berbahan supernova adalah mengenai perawatannya. Bahan ini terkenal tipis sehingga harus diperhatikan ketika mencuci baik manual maupun menggunakan mesin. Hindari menyikat terlalu keras karena akan merusak serat kain menyebabkannya berserabut. Jika menggunakan mesin atur putaran sedang dan lembut.

Jangan menggunakan bahan kimia berlebihan dalam proses pencucian baik manual atau dengan mesin. Sebisa mungkin hindari penggunaan bleaching atau detergen dalam jumlah banyak. Penjemuran sebaiknya tidak dilakukan dibawah sinar matahari langsung. Meskipun membantu pengeringan lebih cepat tetapi dapat merusak warna menyebabkannya cepat pudar. 

Khusus untuk syal hindari mencuci menggunakan mesin dan pengeringnya, lakukan dengan manual saja untuk menghindari kerusakan rajutan. Proses menyetrika gunakan suhu sedang. Karena karakteristik bahannya tipis umumnya tidak tahan suhu. Suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kain mengkerut dan merusak teksturnya. 

Namun begitu pakaian atau fashion item lainnya dari material supernova sangat mudah dirapikan. Penyimpanannya bisa dilakukan dengan cara melipat maupun di hanger. Bisa menggunakan pewangi khusus pakaian dalam penyimpanan tetapi tidak berlebihan. Kain supernova sangat representative untuk pakaian sehari-hari maka layak dijadikan sebagai koleksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *