Posted on Leave a comment

6 Pilihan Motif Kain Songket yang Terkenal di Asia

Motif kain songket sangat khas dan eksklusif menggambarkan karakteristik kebudayaan. Bukan hanya di Indonesia kain ini bisa ditemui di Negara-negara Asia Tenggara. Malaysia, Singapura, Brunei dan Thailand memiliki songket dan umum digunakan pada acara-acara tertentu. Songket sangat khas dengan budaya Melayu.

Songket merupakan kain mewah yang dalam pembuatannya digunakan benang berkualitas dan eksklusif. Benang katun dan sutera digunakan sebagai pola dasar pada kain sedangkan untuk membuat motif digunakan benang emas dan perak. Karakteristik kain ini berkilau karena efek dari benang pembuat motif tersebut.

#1 Songket Lepus

Songket Lepus adalah salah satu motif yang terkenal dan banyak diminati konsumen. Lepus maksudnya adalah menutupi, dalam hal ini menggambarkan benang warna emas yang menutupi hampir seluruh kain. Tetapi tidak sekedar menutupi warna emas tersebut membentuk pola khusus seperti bintang, berantai, ulir dan sebagainya.

#2 Songket Tawur

Kain songket juga dibuat dengan motif menyebar atau tawur disebut dengan songket tawur. Motif yang tampak pada permukaan kain tidak menutup seluruh permukaan tetapi menyebar dalam bentuk kelompok kecil. Warna pola benang dasar masih tampak dengan jelas pada motif tawur ini.

Benang yang digunakan untuk membentuk motif tidak disisipkan dari pinggir ke pinggir melainkan menyebar. Motif yang banyak dijumpai adalah tawur lintang, tampak manggis, nampan perak dan masih banyak lagi motif menyebar lainnya. Dari penampakannya lebih ramai namun tetap menjaga nilai eksklusif.

Baca Juga: 5+ Pilihan Kain Spandex Jersey Terbaik, Pilih Mana?

#3 Songket Tretes

Songket tretes memiliki ciri khas kain dibiarkan polos pada bagian tengahnya. Motif hanya dibuat pada dua sisi tepian kain atau pada kedua pangkal. Motif ini memiliki banyak bagian polos yang memudahkan dalam perpaduan dengan baju atasan misalnya penggunaan kebaya berbagai warna. 

#4 Songket Bungo Pacik

Ciri khas dari songket motif bungo pacik adalah penggunaan benang putih pada sebagian besar motif. Membuat tampilan sedikit netral karena warna mencolok seperti emas, perak dan sebagainya menjadi tidak terlalu jelas. Warna hiasan tersebut berfungsi sebagai selingan saja. 

#5 Songket Limar

Songket limar memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan kain songket lainnya. Pembuatannya menggunakan corak ikat pakan. Motif khas dari songket limar berasal dari penggunaan benang lungsi yang diwarnai pada bagian tertentu terlebih dahulu. Benang dicelupkan pada pewarna alami di bagian yang dikehendaki sebagai motif kemudian ditenun.

Songket limar umumnya digunakan sebagai sarung baik oleh para pria maupun wanita. Penggunaannya biasa dikombinasikan dengan songket lain yang sesuai bahkan digunakan juga sebagai pakaian modern dengan desain kontemporer. Jika sudah dibentuk menjadi pakaian songket ini disebut sewet. 

#6 Songket Kombinasi

Songket kombinasi dihasilkan dari perpaduan beberapa motif menghasilkan motif baru yang dinamis. Contohnya songket bungo cino yang memiliki unsur motif bungo pacik dan tawur. Songket bungo intan, dihasilkan dari kombinasi unsur bungo pacik dan tretes.

Songket kombinasi menambah variasi motif yang penggunaannya lebih beragam. Variasi motif songket tetap memiliki makna dan bernilai filosofis. Keberagaman motif tersebut bisa dimanfaatkan bukan hanya untuk acara khusus saja tetapi juga sebagai fashion umum meskipun masih terbatas pada suasana formal.

Masih banyak motif songket yang dikenal di pasaran dalam negeri. Songket umumnya dinamai berdasarkan motif dominan dalam satu lembar kain. Misalnya songket sorong, bungo manggis dan sebagainya. Kebanyakan motif berupa bunga karena identik dengan karakteristik wanita sebagai pembuatnya.

Pemanfaatan songket saat ini semakin meluas meskipun masih berhubungan dengan acara formal. Songket bisa dikombinasikan dengan brokat atau kebaya untuk acara pernikahan. Bahkan kain songket juga bisa digunakan untuk pakaian kerja wanita seperti bolero, blazer dan rok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *