Posted on Leave a comment

Seluk Beluk Pembuatan Kain Twiscone dan Perbedaannya dengan Sifon

Tidak asing lagi mendengar kain twiscone, di artikel kali ini akan membahas tentang proses pembuatan kain tersebut. Tentu saja dalam setiap proses pembuatan anda harus benar-benar memahami seluk beluknya, kalau tidak takutnya kain yang dihasilkan tidak berkualitas. Perlu diketahui juga bahwa setiap kain memiliki proses yang berbeda.

Proses Pembuatan Kain Twiscone

Kain twiscone bahan dasarnya dari serat asli terbaik, sehingga menjadikannya kain ini salah satu kain yang digunakan dalam pembuatan hijab, kerudung, ataupun jilbab. Jadi tak heran lagi ketika anda mengenakannya terasa begitu nyaman, dan menyerap keringat. Selain itu, karakteristik dari kain ini yaitu tebal dan berat, seringkali kain jenis ini dibandingkan dengan kain sifon. Padahal keduanya memiliki karakteristik yang sangat berbeda saat digunakan. 

Kembali lagi pada pembahasan awal yakni tentang proses pembuatan dari kain bernama twiscone, pada dasarnya proses pembuatannya sama dengan proses jenis kain lainnya, mulai dari penenunan. Yang membedakannya tentu dari bahan dasar yang digunakan, serta kain jenis twiscone tidak nerawang saat dikenakan. 

Setelah proses penenunan selesai, kemudian lanjut pada tahapan merangkai serat sampai benar-benar menjadi kain yang halus dan enak ketika digunakan. Proses ini sangat penting untuk diperhatikan agar tidak ada kesalahan. 

Semakin majunya teknologi tentu berdampak juga pada proses pembuatan kain, namun tetap saja ada yang masih menggunakan metode manual dengan alasan kain yang dihasilkan lebih rapi serta halus. Akan tetapi apabila anda menginginkan proses pembuatannya yang cepat, menggunakan teknologi menjadi pilihan yang tepat. 

Memang benar segala sesuatu yang menggunakan mesin teknologi tidak membutuhkan waktu yang lama, serta efektif, sehingga hasil produksinya semakin banyak. Dimana ada kelebihan tentu ada kekurangannya, antara lain kualitas dari kain tersebut tidak sebagus menggunakan metode manual. Itulah yang terkadang membuat konsumen merasa tidak puas.

Perbedaan Kain Twiscone Vs Sifon

Ada beberapa hal yang menjadikan kain tersebut memiliki karakteristik yang berbeda dengan yang lainnya. Mulai dari proses pembuatan, serta bahan yang digunakan dari kain tersebut. Hal tersebut berpengaruh terhadap daya jual beli terhadap masyarakat. Meskipun harga yang ditawarkan mahal, namun kualitasnya bagus masyarakat berani membelinya.  

Perbedaan yang paling menonjol dari kain jenis twiscone dan kain sifon tentu dari tekstur yang dihasilkan. Jenis kain sifon bahan dasarnya dari kapas asli, serta bahan campuran seperti serat sintetis. Sehingga kain sifon memiliki karakteristik bahan yang licin, panas, tipis, dan kadangkala tidak menyerap keringat. Meskipun begitu, dari kalangan hawa sangat menyukai bahan sifon karena ringan saat digunakan. 

Baca Juga: Kenali 7 Jenis Kain Fleece Berikut Ini sebelum Menggunakannya

Berbeda dengan kain twiscone, yang sangat enak ketika anda kenakan, coba saja jika tidak percaya. Pasalnya bahan serat yang digunakan lebih bagus dan padat dibandingkan dengan kain jenis twiscone. Kelebihan lainnya adalah tidak nerawang saat digunakan,  jadi sangat cocok untuk diaplikasikan dalam dunia hijab, dan tentu sangat keren. Karena bahannya tidak nerawang membuat banyak wanita sangat menyukai, dan selalu mengoleksi hijab berbahan twiscone mulai dari warnanya, dan motifnya. Apakah Anda salah satu pecinta bahan twiscone? 

Lalu apa sih karakteristik yang paling dominan diantara kedua bahan tersebut? Yaitu terletak pada bahan dasar yang digunakan, serta tekstur yang dihasilkan. Setiap kain tentu memiliki kelebihan serta kekurangan, meskipun begitu tetap saja mempunyai pelanggan setianya. Karena setia jenis kain memiliki fungsi yang berbeda-beda, misal kain twiscone yang digunakan dalam pembuatan hijab. 

Namun yang tidak boleh dilupakan adalah yaitu membeli jenis kain  sesuai dengan kebutuhan anda agar tidak mubazir, begitu juga ketika anda membeli kain twiscone. Itulah pembahasan mengenai proses pembuatan kain jenis twiscone dan kain sifon, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *