Posted on Leave a comment

Seperti Inilah Plus Minus Kain Twiscone dan Cara Merawatnya

Kain twiscone tak kalah populer dengan kain katun, scuba, toyobo, sutra dan semacamnya. Banyak digunakan sebagai bahan pembuat fashion wanita. Industri tekstil semakin maju dan berkembang menghasilkan berbagai jenis kain dengan keunikan tersendiri. Mengikuti tren permintaan masyarakat akan keragaman bahan untuk membuat pakaian.

Twiscone turut hadir dan meramaikan dunia fashion khususnya online shop. Banyak ditawarkan pakaian muslim maupun pakaian wanita umum melalui sosial media dan marketplace. Masyarakat awam semakin mengenal berbagai jenis bahan pakaian dan perbedaannya. Sehingga secara mandiri dapat menentukan pilihan kualitas. Berikut penjelasannya lebih lanjut.

Kelebihan Kain Twiscone

Karakteristik kain yang pertama adalah lembut dan ringan. Sifat ini sekaligus menjadi kelebihan twiscone sebagai bahan pembuat fashion wanita. Cocok digunakan sebagai rok, dress, baju atau blouse hingga gamis. Karena bahannya ringan memudahkan gerak pemakainya menjadi lebih leluasa.

Bisa digunakan untuk gamis dan kerudung. Umumnya para wanita menyukai kerudung yang lembut dan jatuh sehingga anggun dikenakan. Cocok untuk diaplikasikan pada berbagai bentuk garis wajah. Ringan namun mudah diatur sehingga bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Untuk rok atau dress sangat anggun dan feminin karena jatuhnya sangat ringan. Saat ini jenis bawahan atau dress jatuh sangat digemari oleh wanita. Tidak menyebabkan tubuh tampak lebar, sedikit membentuk lekuk. Penggunaannya bisa dikombinasikan dengan furing jika menginginkan tampilan lebih tebal.

Kelembutan bahan ini meminimalisir iritasi karena gesekan dengan permukaan kulit dalam intensitas tinggi. Ramah bagi kulit sensitif, sehingga bisa digunakan untuk membuat pakaian anak-anak. Dress, rok atau set gamis adalah pilihan yang paling tepat dalam memanfaatkan bahan twiscone untuk anak-anak.

Kelebihan lainnya dari bahan twiscone adalah tidak gampang molor. Lebih awet dalam pemakaian jangka panjang tanpa merusak bentuk aslinya. Melalui proses cuci jemur dan setrika berulang kali bahan ini tetap pada bentuknya. Cocok bagi anak muda yang tidak pandai merawat baju.

Kekurangan Kain Twiscone

Kekurangan yang utama adalah tidak menyerap keringat dengan baik. Berbeda dengan bahan katun yang sangat breathable, bahan ini kurang bersahabat jika digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Lebih terasa lembab di badan akibat keringat dan tak jarang menimbulkan bau pada pakaian karena bakteri.

Kurang cocok digunakan untuk aktivitas siang hari. Permukaannya tipis dan licin yang mudah sekali menyebabkan efek panas. Apalagi di daerah tropis seperti Indonesia dengan tingkat kelembaban dan paparan sinar matahari tinggi. Jika digunakan sebagai pakaian perlu inner dengan bahan lebih ramah kulit.

Baca Juga: Kenali 7 Jenis Kain Fleece Berikut Ini sebelum Menggunakannya

Kurang cocok untuk pakaian pria. Karakteristik bahan ini sangat jatuh dan tipis sehingga tidak dapat digunakan untuk membuat pakaian pria. Meskipun menggunakan furing di dalamnya tetapi kurang fleksibel dan tidak menampakkan sisi maskulin. Sehingga bahan ini lebih dikenal oleh kalangan wanita.

Cara Merawat Kain Twiscone

Tidak ada cara khusus dalam merawat pakaian berbahan twiscone. Namun perlu hati-hati pada saat mencuci menggunakan mesin. Usahakan menggunakan putaran ringan agar serat kain tidak mudah rusak karena tersangkut. Jika menggunakan tangan cukup dikucek ringan karena pada dasarnya bahan ini lebih tahan terhadap kotoran.

Hindari menjemur pakaian langsung dibawah sinar matahari supaya warnanya tidak mudah pudar. Posisikan bagian dalam baju berada diluar sehingga tampilannya awet. Pada saat menyetrika atur suhu sedang supaya lebih mudah dan meminimalisir serat kain mengkerut karena terlalu panas. Penyimpanan sebaiknya di hanger karena lebih praktis dan mudah. Sifat bahan yang ringan dan jatuh goyor umumnya lebih sulit dilipat dan mudah kusut jika tidak tepat. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *